TIPS MEMBINA SISWA AGAR MENANG LOMBA KSN

Published by TeacherCreativeCorner on

  1. Menghadirkan tantangan belajar yang tingkat tinggi, sehingga anak-anak berusaha belajar lebih untuk mampu menyelesaikan tantangan tersebut, sehingga otomatis kompetensi anak-anak dalam menguasai materi lebih dari siswa lain yang tidak ikut berkompetisi
  2. Menghadirkan soal kontekstual, yang diseleraskan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga anak lebih mampu memanfaatkan berbagai aspek panca indra untuk merangsang nalarnya bekerja, yang tidak dialami oleh siswa lain yang belum berkesempatan berlomba
  3. Menghadirkan alat peraga multi deminsi dalam membelajarkan siswa seperti video, media konkret, gambar dan yang lainnya, yang sangat bermakna bagi siswa.
  4. Menghadirkan trik jitu dalam menjawab tantangan soal terutama dalam matematika yang sudah terbukti efektif dalam mendukung kecepatan anak dalam menggunakan kecerdasan numeriknya dalam melakukan perhitungan rumit. Hal ini akan berdampak pada kecepatan dan ketelitian siswa dalam berpikir.
  5. Menghindari aspek menghafal materi baik bidang IPA maupun Matematika, sehingga anak-anak dapat memiliki alur imajinasi yang lebih terbuka, karena tantangan yang dihadirkan setiap saat selalu berubah polanya. Maka siswa akan lebih peka dalam hal kemampuan siswa untuk beradaptasi terhadap perubahan.
  6. Menghadirkan inspirasi, guru sains dalam membentuk karakter anak yang unggul dan mampu menyelesaikan masalah, selalu didorong melalui isnpirasi tokoh-tokoh orang yang telah berhasil dalam hidupnya karena telah belajar sains
  7. Menhadirkan latihan soal-soal yang secara rutin diberikan, bukan bermaksud untuk menghafal materi semata, tetapi seabgai bentuk upaya guru menghadirkan masalah kepada siswa
  8. Menjadi penyemangat ketika anak didik yang berbakat dalam hal sains, gagal memenangkan kompetisi, dan hal ini menjadi titik balik bagi lecutan motivasi anak dalam belajar yang kelak melebihi harapan guru pembina maupun orang tuanya

Kesimpulan

Uraian tips di atas telah terbukti banyak meloloskan anak-anak dalam persaingan sebagai anak paling berbakat pada ajang kompeitisi sains. Keberhasilan adalah tujuan, tetapi kegagalan adalah hal yang biasa terjadi. Walaupn kegagalan anak-anak dalam bersaing pada ajang kompetisi tersebut tidak bisa dihindari, akan tetapi tantangan yang telah berhasil dilalui anak didik menghadirkan proses belajar yang luar biasa berkesan. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri siswa itu sendiri. Mereka akan mencitrakan dirinya sebagai salah satu kandidat siswa berbakat dalam bidang sains, yang diunggulkan di sekolahnya masing-masing. Kesan ini akan dibawa anak ketika mereka akan melanjutkan sekolah pada jenjang berikutnya. Tidak jarang kemudian potensi itu akan muncul dan optimal ketika mereka sekolah di SMP, SMA bahkan perguruan tinggi. Maka dari itu, usaha yang telah dilakukan sekolah dalam mengikutsertakan anak didiknya yang potensial dan berbakat dalam bidang sains, adalah sebuah strategi pengelolaan pembelajaran yang nantinya selain bermanfaat bagi siswa, demikian pula secara tidak langsung akan berkontribusi pada keberhasilan pengelolaan mutu pendidikan di sekolah. Keberhasilan menjadi juara bukan tujuan utama dari kegiatan ini, yang paling penting adalah memberi kesempatan kepada anak untuk berproses dalam persaingan yang kelak pasti akan mewarnai perjalanan kehidupan anak ketika mereka menghadapi tantangan kehidupan nyata di masa depan.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: