Refleksi seperti sering diungkapkan oleh pakar-pakar pendidikan, merupakan hal penting dalam bagaimana mengupayakan peningkatan mutu pembelajaran. Beberapa pakar yang lain mengungkapkan, hal itu bukan sekedar penting lagi, tetapi urgen dan harus dilaksanakan. Melalui kegiatan refleksi secara berkelanjutan, guru akan dapat secara terus menerus menemukan keterbatasan dan kelebihan dari proses mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga refleksi pembelajaran. Keterbatasan yang ditemukan akan menjadi masalah bagi guru sehingga perlu pemecahan yang dalam hal ini melibatkan pihak lain seperti teman sejawat, kepala sekolah maupun pengewas dan pakar pendidikan lainnya. Selanjutnya kelebihan proses pembelajaran merupakan Best Practices yang dapat dibagiken kepada guru lain, sehingga dapat membantu mempercepat guru lain dalam menyelesaikan masalahnya.

Baca Juga

REFLEKSI PEMBELAJARAN MINGGU II BULAN APRIL 2021 (Laporan Mingguan)

REFLEKSI PEMBELAJARAN RPP AKM

PEMBIMBINGAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (Laporan Kepsek Minggu III Bulan Maret 2021)

PEMBIMBINGAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (Laporan Kepsek Minggu III Bulan Maret 2021)

LAPORAN KEPALA SEKOLAH PEBRUARI 2021 (Pengembangan RPP Inovatif)

LAPORAN MINGGUAN (Supervisi Melalui Pemberian Tips Mingguan)

SUPERVISI PERANCANGAN METODE TEKNOLOGI TEPAT GUNA DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Hal paling penting dari kegiatan refleksi adalah melihat kembali proses penysusunan RPP, beserta pelaksanaannya, hingga kegiatan evaluasi. Kegiatan ini tidak tidak serta-merta otomatis dilakukan guru secara mandiri. Para guru memerlukan pendampingan, fasilitasi, pembimbingan secara berkelanjutan, oleh kepala sekolah. Maka untuk itu, disinilah peranan penting fungsi kepala sekoleh sebagai supervisor dan pemimpin pembelajaran di sekolah. Upaya menjalankan fungsi supervisi dan pemimpin pembelajaran seperti dijelaskan di atas salah satunya diawali dari pengamatan terhadap perangkat dan proses pembelajaran secara menyeluruh.

Pengamatan dan pemantauan terhadap perencanaan, pelaksnaan dan penyelenggaraan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan mulai minggu lalu, telah diubah ke dalam bentuk video refleksi pembelajaran. Pembuatan video refleksi pembelajaran akan lebih tepat dan fleksibel bagi guru dalam mencermati topik-topik yang diberikan masukan. Secara umum berikut refleksi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran minggu ke XIV 5 ~ 10 April 2021, dipilah menjadi kekurangan yang memerlukan revisi perbaikan baik RPP maupun pelaksanaan dan kelebihan yang pantas diberikan penguatan sehingga dapat ditingkatkan di masa yang akan datang.

Berikut video refleksi perangkat dan proses pembelajaran di SD Negeri 7 Subagan, yang durasinya hampir 2 jam, jadi untuk Bapak/Ibu guru dapat langsung mencari masukan dan saran atas kelasnya sendiri, dengan menggeser pemutar videonya.