Refleksi Pembelajaran Minggu IV Bulan Maret Tahun 2020 dan Review RPP Mingggu I Bulan April

KELAS VI

Refleksi Pembelajaran Lalu

Melihat, langkah-langkah pembelajaran yang disusun di atas, sudah baik, akan tetapi perlu menjadi perhatian kita bersama, untuk mengambil topi, bukan hanya dari buku. Kenapa mesti memakai “Labuhan bajo?” Kalau pertanayaan yang dikemukakan adalah terkait dengan pariwisata. Di Bali, tidak kekurangna tempat terkait Pariwisata yang bisa kita jadikan sebagai ajang diskusi, yang dapat diketengahkan kepada siswa.

Materi di atas sudah bagus, tetapi mohon sajikan juga tayangan alternatif seperti video di bawah ini, untuk menambah wawasan mereka:

https://youtu.be/NvNLumlAJX0

Review RPP Minggu Depan

Setelah mencermati bersama RPP Kelas VI yang akan dilaksanakan mulai tanggal 29 Maret ~ 3 April 2021, ada beberapa masukan yang saya dapat sampaikan:

  1. Pastikan tujuan pembelajaran tentang Jurnal Siswa dan Kegiatan Pembiasaan di Rumah terekam dalam Jurnal Siswa setiap minggu yang ditandatangani orang tua siswa
  2. Melihat penjabaran materi antara materi muatan Bahasa Indonesia tentang “Kisan Petani Cabai Sukses”, IPS tentang mata pencaharian, IPA tentang kalender, Matematika tentang data, dapat dikemas menjadi Penerapan Model Pembelajaran Project Base Learning. Adapun langkah-langkah adalah sebagai berikut
  3. Menetapkan tujuan pembelajaran yang berbunyi : Melalui penerapan Model Pembelajaran Project Base Learning siswa dapat :
    Menganalisis jenis mata pencaharian yang dilakukan anggota keluarga dan kerabat
    Memahami hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kelestarian alam dengan bertanam cabai di lingkungan rumah berbantuan LKS
    Menuliskan tanggal bulan dan tahun tentang perkembangan tanaman cabai yang ditanam
    Mencatat data tinggi tanaman (cm), selama pertumbuhan dalam 15 hari, mancatat jumlah air yang digunakan untuk menyiram (liter),
    Mengolah data yang ditemukan dalam modus, median, dan rata-rata, yang disajikan dalam bentuk grafik
  4. Menjabarkannya tujuan di atas ke dalam langkah-langkah pembelajaran, dapat diurut seperti tujuan di atas.
  5. Mempertegas langkah pembelajaran secara teknis yang dijabarkan ke dalam LKS
  6. Memberi kesempatan siswa melakukan presentasi tentang hasil project yang telah ia lakukan
  7. Minta siswa untuk minta bantuan orang dewasa dalam menyiapkan segala sesuatu yang tidak mungkin mereka kerjakan
  8. Pertimbangakan penggunaan barang bekas dalam menananm cabai
  9. Melihat karakteristik materi seperti itu, dimana guru menerapkan Model Pembelajaran Project Base Learning, untuk RPP minggu berikutnya menyesuakan dengan kelanjutan kegiatan model Project Base Learning yang akan dilaksanakan
  10. Saya rekomendasikan materi ini sebagai salah satu penilaian ujian sekolah, dengan terlebih dahulu menyiapkan isntrumen penilaian berbasis pengamatan dan kinerja

LKS

Tujuan :

  1. Menganalisis jenis mata pencaharian yang dilakukan anggota keluarga dan kerabat
  2. Memahami hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kelestarian alam dengan bertanam cabai di lingkungan rumah berbantuan LKS
  3. Menuliskan tanggal bulan dan tahun tentang perkembangan tanaman cabai yang ditanam
  4. Mencatat data tinggi tanaman (cm), selama pertumbuhan dalam 15 hari, mancatat jumlah air yang digunakan untuk menyiram (liter)
  5. Mengolah data yang ditemukan dalam modus, median, dan rata-rata, yang disajikan dalam bentuk grafik

Alat dan Bahan:

  1. Buku catatan
  2. HP, kuota dan aplikasi Youtube
  3. Ballpoint
  4. 5 kaleng atau ember bekas (minimal ukuran 2 liter)
  5. Tanah humus
  6. Bibit cabai
  7. Pupuk kandang yang bersih dan halus

Langkah kegiatan

  1. Siswa mencari jenis-jenis pekerjaan di internet dan mencatatnya di buku catatan,
  2. Siswa mewawancarai dan mencatat jenis pekerjaan orang tua dan membandingkannya dengan jenis pekerjaan yang telah ditemukan di internet
  3. Siswa menyebutkan jenis pekerjaan yang dapat melestarikan lingkungan
  4. Siswa mempersiapkan ember/kaleng bekas ukutan minimal 2 liter, mengisinya dengna tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang yang bersih
  5. Siswa menyiram tanah tersebut dengan air secukupnya dan menjaganya agar tetap lembab
  6. Siswa menyemai bibit cabai yang telah kering, dan menempatkannya di tempat yang tidak telalu banyak sinar
  7. Siswa sambil menunggu pertumbuhan bibit cabai, mencatat pertumbuhan tanaman hari demi hari
  8. Siswa menjelaskan tinggi dan konsidi tanaman setiap satu minggu kepada guru, hingga tanaman berbuah
  9. Guru mengolah data hasil pengamatan, mencari modus, median dan rata-rata dan menyajikannya dalam grafik

Kesimpulan

  1. Jenis pekerjaan orang tua dan kerabat saya adalah :
  2. Berikut saya ceritakan tanggal dan bulan serta pertumbuhan tanaman :
  3. Menurut data, semakin hari pertumbuhan tanaman adalah ….dengan median….dengan modus…….. dan rata-ratanya………..
  4. Kondisi akhir tanaman yang saya tanam adalah………………
  5. Suka duka melaksanakan kegiatan ini adalah ……………………………
  6. Masukan saran untuk guru adalah……………………..

KELAS V

Refleksi Pembelajaran Lalu

Melihat pembelajaran yang dberikan pada siswa Kelas V seperti disajikan di atas berikut masukan dari saya:

  1. Tugas yang diberikan seperti termuat di GCR di atas, “Ceritakanlah pengalamanmu saat melakukan kegiatan atau kerja sama di atas perbedaan, misalnya agama atau suku bangsa! Tulislah dengan tulisan yang rapi!” merupakan tugas yang sulit dan tidak konkret, karena masih terlalu umum. Tugas yang diberikan hendaknya spesifik dan konkret, yang memungkinkan dikondisikan di kelas atau di rumah dalam realita nyata. Misalnya :
  2. Ceritakan pengalaman kalian bekerjasama dengan teman dari daerah lain, suku, agama atau bahkan negara lain. Jika kalian belum pernah silahkan lakukan kegiatan berikut : (Buatlah kegiatan dimana siswa akan terlibat langsung dengan orang lain, misalnya bergotong-royong membersihkan lingkungan rumah, banjar atau bahkan desa)
  3. Tugaskan siswa untuk mewawancarai orang tua, kakak, paman dan prang terdekat, tentang pengalaman mereka bekerja di perantauan dimana mereka pernah beriteraksi dengan orang dari daerah lain. Instrumen pertanyaan bisa guru susun sebagai panduan. Pokok-pokok yang ditanyakan misalnya : 1) bagaimana mereka berintaeraksi, padahal bahasa mereka berbeda; 2) bagaimana mereka dapat berinteraksi padahal memiliki latar belakang agama berbeda; 3) bagaimana mereke berinteraksi dengan orang-orang yang baru mereka kenal baik di tempat kerja atau sekolah.
  4. Cerita dari orang yang diwawancarai itu selanjutnya dicatat oleh anak sebagai tugas, disertai tanggapan oleh siswa dalam memandang pengalaman yang di alami oleh orang yang telah diwawancarai tersebut. Melihat penyajian materi tentang manfaat air bagi kehidupan, saya berikan beberapa masukan sebagai berikut: a) Karakteristik materi ini sangat dekat dengan kehidupan kita sehingga sangat penting anak-anak ditanamkan untuk peduli dengan keadaan air baik dari sisi ketersediaan, dan kesehatannya; b) Maka dari itu pembelajaran materi seperti ini layak dijadikan projek; c) Sepertinya materi ini sangat terkait dengan materi lain dari sub tema lainnya sehingga dapat di ringkas kegiatannya; d) ntinya permasalahan air adalah permasalahan umat manusia di muka bumi, yang merupakan tanggung jawab kita, terutama anak yang akan menjadi bagian dari masa depan; e) Merekalah yang akan paling terkena dampak jika kepedulian kita terhadap air saat ini rendah. Sudah saatnya kita menanamkan konsep kepedulian terhadap air bagi anak-anak.

Bentuk tugas yang relevan untuk kondisi ini adalah tugas projek dengan salah satu contoh kegiatan pembelajaran sebagai berikut : a) Tugaskan anak-anak untuk mengadakan pengamatan langsung terhadap kondisi air dilingkungan rumahnya; b) Tugas ini dapat diberikan dengan membandingkan kebersihan air jika air diambil dari saluran pembuagan seperti got, dengan air kran dan air aqua; c) Model kegiatannnya sangat mudah, dimana kita tugaskan mereka yang terangkum dalam kegiatan LKS berikut :


LKS

PENGAMATAN TERHADAP AIR

Tujuan :

  1. Mengetahui kebersihan air di lingkungan kita
  2. Mengetahui langkah-langkah membersihkan air

Alat dan bahan:

  1. Air kolam/got
  2. Air keran/PDAM
  3. Air kemasan
  4. Gelas air kemasan bekas
  5. Tisu
  6. Ember

Langkah kegiatan :

  1. Siapkan tiga buah gelas kemasan air mineral sebanyak 3 buah, tiga lembar tisu rangkap 2,
  2. Tepatkan dan bentangkan tisu di atas meja
  3. Isilah gelas kemasan bekas dengan air kolam/got seperempatnya saja
  4. Mintalah orang tua/keluarga membantu
  5. Tuangkan pada tisu yang telah dibentangkan, biarkan air merembes, dan tunggu hingga kering
  6. Lakukan hal yang sama pada air PDAM dan air mineral secara berulang-ulang
  7. Setelah tisu menjadi kering, catatlah kotoran yang tertinggal pada masing-masing tisu tersebut. Catatan tersebut tulis pada tabel di bawah ini:
NO KEGIATAN JENIS KOTORAN JUMLAH
1 Kegiatan menuangkan air kolam/got ke tisu
2 Ulang kegiatan di tas 3 kali
3 Kegiatan menuangkan air keran/PDAM  ke tisu
4 Ulang kegiatan di tas 3 kali
5 Kegiatan menuangkan air kemasan  ke tisu
6 Ulang kegiatan di tas 3 kali

8. Ambilah data berulang-ulang jika diperlukan, lakukan pengamtan terhadap sumber air lainnya seperti mata air, air sungai, parit, sawah, air hujan dan sebagainya

9. Simpulkan kegiatan kalian dengan menjelaskan secara singkat, mana lebih kotor atau jernaih dari beberapa jenis air tersebut!

Kesimpulan :

Berikut adalah jenis air dari yang terbersih hingga terkotor yaitu……………………………………………………………..

Materi pengolahan data seperti pada materi pada GCR di atas, yang selanjutnya diolah dan disajikan dalam bentuk grafik, sesungguhnya dapat disesuaikan dengan materi atau topik tentang air di atas. Berikut masukan untuk langkah pembelajaran ini:

  1. Karakteristik materi seperti ini bertujuan untuk bagaimana siswa dapat memaknai sebuah sajian data. Data yang bermakna jika dari sejak awal siswa tahu untuk apa data ini, dan kenapa harus diolah dan disajikan. Jika siswa telah melalui proses pemaknaan data yang mendalam maka motivasi belajar mereka akan lebih meningkat, karena mereka tahu untuk apa data itu nantinya.
  2. Proses pemaknaan data berawal dari proses pengambilan data yang juga bermakna, Sumber data yang bermakna adalah data tentang hal-hal yang bersifat faktual yang terjadi di sekitar kehidupan siswa. Dalam hal ini adalah air.
  3. Sekali lagi materi tentang air sesungguhnya lebih mudah untuk dikondisikan menjadi muatan hampir semua pelajaran seperti IPA, IPS, Matematika, SBDP bahkan pada Penjasorkes.
  4. Pada materi tentang air data yang akan diolah secara matematika sederhana diperoleh dari pengamatan langsung tentang kondisi air. Hal yang paling mudah adalah bagaimana siswa nantinya memiliki karakter hemat dalam menggunakan air. Melalui pengamatan pada pengggunaan air dari meteran air yang mereka miliki, di rumahnya akan memperoleh data yang melimpah untuk diolah.
  5. Berikut adalah langkah pembelajaran yang tercermin dari LKS di bawah ini :

LKS PENGAMATAN TENTANG AIR

Tujuan :

  1. Mengamati penggunaan air dalam sebulan
  2. Menentukan tindakan untuk menghemat air

Alat dan bahan

  1. HP untuk dokumentasi
  2. Buku catatan
  3. Gantungan
  4. Ember atau te,pat air lainnya

Langkah kegiatan

  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Gantunglah buku catatan pengamatan penggunaan air di sebelah meteran air atau tempat yang aman lainnya
  3. Catatlah angka meteran setiap pagi hari (07.30) selama 15 hari.
  4. Gunakan air seperti biasa
  5. Pada hari ke 16 dan selanjutnya, hematlah penggunaan air
  6. Berikut cara-cara menghemat air:
    • Ajaklah orang tua dan keluarga untuk sama-sama mengingatkan tentang cara menghemat air
    • Tampunglah sisa air bekas cuci tangan, cuci piring, mencuci, dan gunakan untuk menyiram tanaman
    • Gunakan pompa air untuk kolam ikan seperlunya
    • Perhatikan matikan keran air setelah selesai digunakan
    • Rendamlah pakaian sebelum dicuci, karena akan mempermudah menghilangkan kotoran dari pakaian
    • Kalau memiliki ternak, perhatikan pada saat memberikan minum agar tidak banyak tumpah
    • Mandi seperti biasa, biasakan manampung air bekas mandi untuk dapat digunakan untuk menyiram tanaman atau memandikan ternak
    • Kegiatan mandi, sikat gigi dan mencuci pakaian dapat dilakukan sekalian, sehingga air bekas mandi dapat langsung dipakai membasahi pakaian yang akan dicuci. Bilaslah cucian dengan air bersih, air sisa bilasan dipakai untuk menyiram tanaman atau memandikan ternak
    • Pastikan tidak ada air yang terbuang percuma

7. Setelah melakukan gerakan menghemat air, lakukan pencatatan mulai di hari ke 16 hingga 30.
8. Pisahkan data sebelum penghematan dengan sesudah sesuai tabel di bawah ini.
9. Cara pengisian pada kolompemakaian, angka meteran sekarang –angka meteran kemarin

NO TANGGAL JUMLAH PEMAKAIAN TANGGAL ANGKA METERAN
ANGKA METERAN PEMAKAIAN ANGKA METERAN PEMAKAIAN
1 1 April 2021 0 16 April 2021 0
2 April 2021 17 April 2021
…………. …………..
15 April 2021 30 April 2021
JUMLAH JUMLAH
PEMAKAIAN TERBANYAK PEMAKAIAN TERBANYAK
PEMAKAIAN PALING KECIL PEMAKAIAN PALING KECIL
RATA-RATA RATA-RATA

10. Setelah semua data terkumpul, hitung jumlah pemakaian air terbanyak, terkecil, rata-rata
11. Hitunglah uang yang mesti dibayarkan orang tuamu untuk membayar air
12. Bandingkan penggunaan air sebelum berhemat dan setelah berhemat.
13. Laporkan hasil pengamatan dan perhitungannya kepada orang tua dan guru.
14. Simpulkan kegiatan kalian, dengan menjelaskan secara singkat, pemakaian air sebelum menghemat dan sesudah menghemat, pemakaian tertingg, terendah dan rata-rata. Jelaskan pula keberhasilan dalam menghemat air.

Kecimpulan

  1. Jumlah pemakaian dalam sebulan
  2. Jumlah pemakaian sebelum berhemat
  3. Jumlah pemakaian setelah berhemat
  4. Pemakaian tertinggi sejumlah…………….pada tanggal…………………
  5. Pemakaian terendah sejumlah…………….pada tanggal………………..
  6. Keberhasilan menghemat adalah …………………………………………..
  7. Saran kepada segenap pemakai air di keluarga adalah :
  8. Saran tentang penggunaan air…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
  9. Saran tentang upaya penghematan air…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Review RPP Minggu Depan

Dengan memperhatikan RPP minggu depan yang akan dilaksanakan berikut beberapa masukan yang dapat saya berikan adalah sebagai berkut :

  1. Jika buku acuan pembelajaran mengambil dari buku Tematik Kurikulum 2013, yang kebetulan ada topiknya berulang, atau memiliki karakter materi yang relevan dengan materi lain baik lintas tema, atau bahkan lintas muatan pelajaran dapat diitegrasikan. Pembelajaran tematik baik litas topik, maupun lintas mata pelajaran yang menggunakan model pembelajaran Project Base Learning, dimana RPP nya dapat meliputi ruang lingkup 2 sampai 3 minggu, yang disesuaikan dengan kondisi.
  2. Uraian langkah-langkah pembelajaran hendaknya lebih rinci dikemukakan sehingga nanti memudahkan saat memindahkannya ke Google Class Room, terutama terkait skenario penugasan, yang merujuk pada media yang digunakan. Kalimat pada langkah-langkah pembelajaran hendaknya memuat hal pokok seperti materi atau tugas yang diuraikan pada Google Class Room.
  3. Untuk evaluasi, akhir setiap Hari Sabtu, dibuat pada lampiran RPP yang menjadi satu kesatuan dari RPP ini, sehingga memudahkan guru dalam mendokumentasikan. Evaluasi yang dipilih salah satu di antaranya adalah penugasan, fortofolio, soal tertulis beserta panduan pensekorannya
  4. Jika menggunakan LKS sertakan juga dalam RPP yang menjadi satu kesatuan dalam kegiatan ini.
  5. Pada kondisi tertentu karena mengambil kegiatan model projek, maka memungkinkan untuk menggabung RPP 2 atau 3 minggu sekaligus.

KELAS IV

Refleksi Pembelajaran Lalu

Melihat salah satu deksripsi pembelajaran yang disajikan di Kelas IV berikut saya berikan masukan sehingga dapat menyempurnakan proses pembelajaran di masa mendatang adalah sebagai berikut :

  1. Pada penugasan yang ditekankan pada siswa hanya menyangkut ciri fisik. Penugasan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran bahwa mereka sebenarnya memiliki keunikan dari sisi fisik. Nantinya diharapakan berdampk pada bagaimana mereka saling menghargai atas kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga muncul sikap bersukur dan tidak menghambat rasa percaya diri mereka.
  2. Atas perbedaan karakteristik fisik tersebut, guru hendaknya dapat memberikan penekanan baik melalui diskusi, maupun pembuatan soal, dan atau tugas lainnya sehingga mereka menyadari atas kekurangan dan kelebihan yang berdampak kepada pemilihan bakat dan minatnya kelak.
  3. Sangat perlu ditambahkan tugas untuk mengenal karakteristik siswa berdasarkan aspek psikis, seperti karakter mental, sifat menonjol, kegemaran, yang nantinya akan menjadi dasar bagi guru untuk melakukan intervensi pada bakat-bakat anak yang menonjol.
  4. Berikutnya menjadi sangat penting bagi guru untuk meningkatkan intensitas kunjungan rumah, sehingga karakteristik anak lebih terekam, dimana guru dapat menyimpan data tersebut dalam buku khusus tentang karakteristik dan keperibadian anak

Review RPP Minggu Depan

Berikut disajikan analisa, revisi dan masukan bagi RPP yang telah dibuat untuk minggu berikutnya seperti diuraikan di bawah ini :

  1. Jika buku acuan pembelajaran mengambil dari buku Tematik Kurikulum 2013, yang kebetulan ada topiknya berulang, atau memiliki karakter materi yang relevan dengan materi lain baik lintas tema, atau bahkan lintas muatan pelajaran dapat diitegrasikan. Pembelajaran tematik baik litas topik, maupun lintas mata pelajaran yang menggunakan model pembelajaran Project Base Learning, dimana RPP nya dapat meliputi ruang lingkup 2 sampai 3 minggu, yang disesuaikan dengan kondisi.
  2. Uraian langkah-langkah pembelajaran hendaknya lebih rinci dikemukakan sehingga nanti memudahkan saat memindahkannya ke Google Class Room, terutama terkait skenario penugasan, yang merujuk pada media yang digunakan. Kalimat pada langkah-langkah pembelajaran hendaknya memuat hal pokok seperti materi atau tugas yang diuraikan pada Google Class Room.
  3. Untuk evaluasi, akhir setiap Hari Sabtu, dibuat pada lampiran RPP yang menjadi satu kesatuan dari RPP ini, sehingga memudahkan guru dalam mendokumentasikan. Evaluasi yang dipilih salah satu di antaranya adalah penugasan, fortofolio, soal tertulis beserta panduan pensekorannya
  4. Jika menggunakan LKS sertakan juga dalam RPP yang menjadi satu kesatuan dalam kegiatan ini.
  5. Pada kondisi tertentu karena mengambil kegiatan model projek, maka memungkinkan untuk menggabung RPP 2 atau 3 minggu sekaligus.

KELAS III

Refleksi Pembelajaran Lalu

Mengamati proses pembelajaran pada Google Class Room berikut saya berikan masukan sebagai berikut

  1. KBM 27 Maret 2021

Kegitan evaluasi seperti termuat dalam Google Class Room di atas, sangat jauh dari upaya memberikan anak supaya terampil berpikir menggunakan nalar. Berikut alternatif soal yang dapat diberikan :

  1. Berikut hal yang benar dari sikap tenggang rasa adalah :

 

2. Gambar di samping adalah salah satu bentuk kerugian dari tersedianya sarana transportasi. Pernyataa  tersebut adalah :

    1. Benar
    2. Salah

3. Dan seterusnya…

  1. KBM 26 Maret 2021

 

Kegiatan belajar di atas hendaknya dapat dikondisikan dengan menugaskan anak-anak mengamati dan mengukur panjang dan lebar  benda-benda di rumah, untuk selanjutnya dihitung kelilingnya, sambil membandingkan, hasil perhitungan dengan keliling sebenarnya yang diukur dengan menggunakan alat ukur.

  1. KBM 25 Maret 2021

Untuk dapat menuliskan kesimpulan tentang perbedaan sajikan dulu anak-anak kegiatan, dalam bentuk LKS, sertakan juga video yang mendukung proses belajar tersebut.

  1. KBM 24 Maret 2021

Apabila guru tidak mungkin membuat video tutorial terkait membuat mobil dari kardus, di internat sangat banyak tersedia, seperti pada link berikut:

https://youtu.be/WQn3ZFr37Lg

Review RPP Minggu Depan

Melihat RPP minggu depan yang telah disusun berikut saya berikan masukan untuk diperbaiki dan disempurnakan adalah sebagai berikut :

  1. Jika buku acuan pembelajaran mengambil dari buku Tematik Kurikulum 2013, yang kebetulan ada topiknya berulang, atau memiliki karakter materi yang relevan dengan materi lain baik lintas tema, atau bahkan lintas muatan pelajaran dapat diitegrasikan. Pembelajaran tematik baik litas topik, maupun lintas mata pelajaran yang menggunakan model pembelajaran Project Base Learning, dimana RPP nya dapat meliputi ruang lingkup 2 sampai 3 minggu, yang disesuaikan dengan kondisi.
  2. Uraian langkah-langkah pembelajaran hendaknya lebih rinci dikemukakan sehingga nanti memudahkan saat memindahkannya ke Google Class Room, terutama terkait skenario penugasan, yang merujuk pada media yang digunakan. Kalimat pada langkah-langkah pembelajaran hendaknya memuat hal pokok seperti materi atau tugas yang diuraikan pada Google Class Room.
  3. Untuk evaluasi, akhir setiap Hari Sabtu, dibuat pada lampiran RPP yang menjadi satu kesatuan dari RPP ini, sehingga memudahkan guru dalam mendokumentasikan. Evaluasi yang dipilih salah satu di antaranya adalah penugasan, fortofolio, soal tertulis beserta panduan pensekorannya
  4. Jika menggunakan LKS sertakan juga dalam RPP yang menjadi satu kesatuan dalam kegiatan ini.
  5. Pada kondisi tertentu karena mengambil kegiatan model projek, maka memungkinkan untuk menggabung RPP 2 atau 3 minggu sekaligus.
  6. Hendaknya tujuan pembelajaran yang disusun sesuai dengan langkah-langkah dan evaluasi yang diberikan
  7. Perkaya penggunaan media pembelajaran dari sumber belajar di internet seperti Youtube dan lain-lain
  8. Evaluasi hendaknya jangan hanya mengukur kemampuan kognitif, tetapi lebih ke skill berpikir kritis sehingga anak dapat menggunakan nalarnya ketika menjawab soal.

KELAS II

Refleksi Pembelajaran Lalu

  1. KBM 23 Maret 2021

Selamat pagi anak-anak. Masih semangat belajar dari rumahnya? Harus tetap semangat yaa! Kita sama-sama berdoa agar pandemi covid 19 cepat berlalu dan kita bisa beraktvias kembali disekolah. Sebelum mulai beraktivitas di google kelas, jangan lupa untuk mengisi absen, berdoa dan membaca petunjuk pengerjaan tugas.

Baiklah anak-anak masih ingatkah kalian materi tentang dongeng pada KBM 57 yang lalu? Apa kalian masih ingat juga tentang cerita dongeng yang berjudul Kisah Rusa dan Kura-Kura? Iya Kisah Rusa dan Kura-Kura termasuk  fabel. Fabel adalah sebuah cerita /dongeng yang menceritakan tentang hewan yang berprilaku seperti manusia. Fabel Kisah Ruda dan Kura-Kura mengandung pesan moral yang baik.

Kalian harus bisa menghindari  sifat sombong seperti yang dimiliki salah satu tokoh dalam fabel tersebut. Selain itu, kalian bisa menulis dan menceritakan kembali dongeng tersebut kepada teman atau saudara kalian.

Langkah – langkah menceritakan kembali isi cerita fabel yang dibaca sebagai berikut :

  1. Baca dongeng dengan saksama dari awal sampai akhir, jangan membaca melompat-lompat.
  2. Catatlah tema, tokoh, sifat tokoh, dan latarnya. Ini akan membantu kamu dalam menceritakan kembali isi dongeng. Saat menceritakan kembali isi dongeng si pencerita harus mengacu pada tema, tokoh, sifat tokoh, dan latar dongeng yang didengarkan atau dibaca tersebut.
  3. Catat semua peristiwa (alur) yang terdapat dalam dongeng secara garis besarnya saja.
  4. Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatmu sendiri namun harus sesuai dengan isi dan urutan dongeng yang kamu dengar atau baca. Tokoh dan latar cerita yang kamu ceritakan juga harus sama dengan tokoh dan latar cerita/dongeng yang didengar atau dibaca.

Nah itulah langkah-langkah yang perlu kalian perhatikan ketika akan menceritan kembali isi darisebuah cerita dongeng. Apa kalian sudah mengerti?

 

TUGAS:

Baiklah untuk menguji pemahaman kalian tentang materi diatas, silakan anak-anak bacalah dongeng “Kisah Burung Jalak dan Buaya” yang terdapat paa LKS Tema 7 halaman 14. Kemudian tulislah kembali isi cerita dongeng tersebut dengan menggunakan bahasa kalian sendiri dan tulis dengan tulisan tegak bersambung! setelah itu ceritakanlah isi dongeng secara lisan dihadapan keluargamu!

Selamat mengerjakan!

Menyimak penyampaian pembelajaran seperti ini, sangat baik. Uraian di atas sangat baik untuk melatih anak-anak membiasakan berliterasi. Pastikan orang tua juga ikut membantu anak memahmi teks cerita dan petunjuk di atas, karena siswa kelas II masih perlu banyak bimbingan dan pendampingan baik oleh guru maupun orang tua.

  1. KBM 22 Maret 2021

Selamat pagi anak-anak, semangat pagi! Bagimana kabar kalian pagi ini? Masih tetap semangat ?! Ibu guru harap kalian semua dalam keadaan sehat selalu. Sebelum memulai pembelajaran siapkan dahulu alat-alat belajarmu, setelah siap jangan lupa berdoa agar kegiatan BDR hari ini berjalan dengan lancar. Dan Jangan lupa untu mengisi absen ya!

Hari ini kita akan belajar tentang “Mengenal Pecahan 1/2, 1/3 dan 1/4” . Nah sekarang peratikanlah penjelasan tentang pecahan dibawah ini dengan baik!

 

PECAHAN SETENGAH

Perhatikanlah gambar 1 pada lampiran dibawah! Donat yang utuh artinya donat yang lengkap seperti semula sehingga donat yang utuh bernilai 1, Sedangkan donat yang utuh jika di potong menjadi 2 bagian yang sama besarnya maka 1 potongan donat tersebut disebut setengah, di lambangkan dengan angka 1/2, serta dibaca satu per dua. Jika kita gabungkan potongan donat tadi sehingga menjadi donat yang utuh maka nilai nya menjadi 1.

Pengertian Utuh : Suatu benda yang dalam keadaan sempurna, dan lengkap seperti keadaan semula.  Pengertian Setengah : Separuh dari jumlah yang utuh.

 

PECAHAN SEPERTIGA

Ibu memberikan Ayu puding. Ayu memotongnya menjadi tiga bagian sama besar.

Satu potongan pudding disebut dengan pecahan sepertiga. Sepertiga dilambangkan dengan 1/3 dibaca sepertiga atau satu pertiga. Perhatikan gambar 2 pada lampiran dibawah!

 

PECAHAN SEPEREMPAT

Setelah Mira selesai belajar, ibu menghidangkan pizza kesukaan Mira.  Ibu memotong pizza menjadi empat bagian sama besar. Setiap potongan pizza disbut ¼ dibaca sepermpat atau satu perempat. Pehatikan gambar  3 pada lampiran dibawah !

Bagaimana anak-anak, sampai disana dulu penjelasan dari ibu, apa bisa dipahami materi diatas?  atau kalian bisa menyimak video pembelajaran pada lampiran atau bisa juga kalian menyimak materiny langsung pada buku tema dan LKS.  Selamat belajar!

Melihat uraian materi di atas, telah sangat baik, sehingga perlu dipertahankan dan ditingkatkan.

Review RPP Minggu Depan

Setelah mengamati RPP yang akan dibelajarkan minggu depan, ada beberapa masukan yang perlu saya sampaikan yaitu:

  1. Pada bagian evaluasi, upayakan untuk disesuaikan dengan materi minggu bersangkutan, dengan memuat soal (berbau AKM) beserta rubrik penilaian. Jika tidak memungkinkan menulisnya di kolom, tulislah di lembar lain tetapi pada file yang sama.
  2. Sesekali perlu untuk memuat penugasan seperti penerapan model Project base Learning.
  3. Perkaya lagi dengan media pembelajaran seperti gambar dan video
  4. Selain itu, saya amati telah bagus.

KELAS I

Refleksi Pembelajaran Lalu

Tampilan GCR untuk kelas I, hendaknya mulai untuk dibiasakan pada anak-anak dan orang tua, untuk diberikan materi tahap demi tahap, sehingga mereka akan terbiasa untuk belajar jarak jauh dengan menggunakan platform Google Class Room.

Review RPP Minggu Depan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disajikan untuk pembelajaran minggu depan telah ditulis tangan dan beberapa masukan yang perlu saya sampaikan:

  1. RPP hendaknya secara khusus membelajarkan apa yang mesti dibelajarkan, tidak terpaku pada buku siswa ataupun guru, tetapi disesuaikan dengan kondisi lapangan yang senantiasa berubah
  2. Frekwensi kunjungan rumah agar dipersering, untuk siswa yang mengalami keterlambatan dalam belajar
  3. Evaluasi yang disajikan lebih banyak memuat gambar-gambar yang sifatnya konkret, seperti dicontohkan berikut ini:

PJOK

Refleksi Pembelajaran Lalu

  1. KBM Kelas IV
  1. Sebelum kita melakukan olah raga kita selalu…
    1. makan dan minum
    2. mandi dan makan
    3. pemanasan
    4. pendinginan
    5. Lari bolak-balik lurus menggunakan start….
    6. berdiri
    7. jongkok
    8. melayang
    9. tiarap
    10. Lari bolak-balik dengan zig-zag mempunyai tujuan untuk anak adalah…
    11. kekuatan tubuh     
    12. kelentukan otot
    13. kebugaran
    14. kelincahan diri

 

Melihat KBM PJOK Kelas IV pada saat pemberian evaluasi, hendaknya anak-anak mulai diberikan soal dengan tingkat penalaran yang tinggi. Sehingga terhindar dari jebakan soal yang hanya mengukur kemampuan ingatan semata. Seperti contoh :

  1. Berikut adalah pernyataan yang benar tentang hal yang harus dilakukan ketika sebelum berolah raga. Pilih lebih dari satu!
  • Makan makanan yang bergizi
  • Minum secukupnya
  • Duduk istirahat untuk menghemat tenaga
  • Pemanasan yang diakhiri pendinginan
  • Tidur terlentang melemaskan otot
  1. Hubungkan dengan garis antar penyataan di kiri dengna gambar di kanan

                              Start Panjang

                                     Start Pendek

                                      Start Menengah

  1. Dan seterusnya…………..

Review RPP Minggu Depan

Melihat dari RPP yang disajikan berikut saya kasi beberapa masukan sebagai upaya penyempurnaan RPP adalah sebagai berikut:

  1. Setiap pelaksanaan evaluasi hendaknya soalnya disertakan di RPP, atau dilampirkan di RPP apda lembar lain, dan menjadi satu file, sehingga guru tidak bingung.
  2. Pembuatan soal bernuansa AKM hendaknya bisa berkordinasi dengan guru kelas sehingga materi soal bisa lintas matari, muatan pelajaran atau bahkan lintas mata pelajaran
  3. Hal-hal lain yang disajikan telah baik, pertahankan dan tingkatkan

AGAMA HINDU KELAS RENDAH

Refleksi Pembelajaran Lalu

Menyimak proses pembelajaran yang dimuat pada Google Class Room telah diselenggarakan dengan baik, akan tetapi perlu memuat gambar dan media yang lebih beragam.

Review RPP Minggu Depan

Beberapa masukan yang saya berikan terhadap RPP salah satunya adalah pada RPP Kelas III, adalah sebagai berikut :

  1. Perlu dilakukan penyelarasan antara tujuan pembelajaran dengan langkah pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
  2. Evaluasi berbau AKM telah baik, akan tetapi perlu dijadikan satu file dengan file RPP.

AGAMA HINDU KELAS TINGGI

Refleksi Pembelajaran Lalu

  1. KBM 26 Maret 20201

Melihat penyajian soal pada Google Class Room, seperti dikemukakan di atas belum mencerminkan soal yang mampu mendorong siswa berpikir tingkat tinggi.

  • Sehari setelah nyepi dinamakan ngembak geni,umat Hindu melakukan kunjungan kerumah sanak keluarganya yang disebut…
  1. untuk melepas kangen . c. untuk ketemu keluarga       
  2. Untuk makan-makan. d. Melakukan Dharma santhi
  • Pernyataan yang benar dari pilihan di bawah ini adalah..
    1. Tri Murti adalah tiga kesaktian Tuhan
    2. Dewa Brahma bertugas sebagai pemelihara
    3. Dewa baruna adalah Dewa Penguasa Langit
    4. Sanghyang Candra adalah Dewa Bulan
  • Jodohkanlah lajur kiri dengan kanan dengan menarik garis:

 

Empu Kanwa   Kitab Negarakertagama
Rsi Parasara   Kitab Arjunawiwaha
Empu Tantular   Kitab Pararaton
Empu Prapanca    

 

  • Pernyataan yang benar di bawah ini tentang amati lelanguan adalah…
    1. Amati lelanguan artinya tidak bepergian .
    2. Amati lelanguan artinya tiadak tidak bersenang-senang .
    3. Amati lelanguan artinya tidak bepergian
    4. Amati lelanguan artinya tidak menyalakan api .
  1. KBM 25 Maret 2021

Melihat penyajian soal pada Google Class Room di atas perlu disempurnakan sebagai berikut:

  1. Perlu ditambahkan dengan stimulus soal

Pura adalah tempat suci Umat Hindu, dimana kita sebagai Umat Hindu selalu sembahyang ngaturang bakti. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah :

  1. Pura hanya terdapat di Bali dan Lombok
  2. Pura didirikan para Brahmana Zaman dulu
  3. Pura Besakih adalah pura terbesar di Bali
  4. Pura Dalem dan Puseh ada di Sekolah
    1. Coba jelaskan fusngsi Pura bagi Agama Hindu!
    2. Dan seterusnya……………..
  1. KBM 25 Maret 2021

Berdasarkan Google Class Room di atas, berikut di bawah ini bentuk alternatif perbaikan soal:

  1. Setiap manusia yang lahir ke dunia sudah membawa tiga hutang yang disebut Tri Rnam yaitu Dewa Rnam, Pitra Rnam dan Butha Rnam. Hutang kita kepada Tuhan harus di bayar dengan…., Pitra Rnam dengan …., Butha Rnam dengan ….
  2. Berikut adalah wujud rasa terimakasih kepada Tuhan dilakukan dengan …
  1. Membantu orang lain yang mengalami kesusahan
  2. Membuat sarana upakara pada saat hari raya
  3. Mendoakan para leluhur agar mendapat tempat di sisinya
  4. Mendoakan lingkungan agar senantiasa aman dan tentram
    1. Berikut adalah pernyataan yang benar tentang contoh Ajaran Catur Guru adalah kecuali:
  5. Budi rajin membayar pajak
  6. Iwan membuat PR
  7. Ima membantu orang tua
  8. Idris makan di dapur
    1. Pak wayan akan mengadakan acara ngaben, untuk menghindari kerumunan, para undangan diwajibkan memakai masker. Sikap Pak Wayan ini sesuai dengan ajaran Catur Guru pada bagian…..

Review RPP Minggu Depan

Setelah mengamati RPP Agama Hindu Kelas Tinggi berikut saya deskripsikan beberapa saran untuk perbaikan:

  1. Agar tujuan, langkah-langkah pembelajaran dan evaluasi disusun secara selaras dan konsiten terhubung.
  2. Agar evaluasi yang disajikan jangan hanya didominasi oleh pertanyaan yang membutuhkan jawaban singkat dengan menggunakan nalar yang rendah, tetapi harus mampu membuat siswa berpikir tingkat tinggi.
  3. Agar setiap penulisan soal didahului dengna stimulus dan diperkaya dengan gambar-gambar.

Demikianlah beberapa kajian dan masukan yang diberikan kepada kawan-kawan guru yang telah merancang RPP yang telah dituangkan dalam Google Class Room. Beberapa masukan tersebut semoga dapat meningkatkan proses belajar berdasarkan aktivitas siswa dalam menggunakan nalar baik dalam proses belajar hingga evalusi pembelajaran.