A. Menemukan Informasi

Kompetensi : Mengakses dan mencari informasi dalam teks

Indikator : Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (7 Soal)


  1. Perhatikan gambar di bawah ini:

       Pilih jawaban yang benar di bawah ini, boleh lebih dari satu!

    • Tikus membantu singa
    • Singa membantu tikus
    • Singa berterimakasih kepada tikus
    • Singa dan tikus bermusuhan
    • Tikus masuk perangkap

Baca juga :

Contoh AKM Numerasi
Contoh AKM Literasi
Contoh AKM Agama
Contoh AKM Literasi Fiksi
Contoh AKM Literasi Informasi

  1. Si Kancil yang sombong menantang Si Siput lomba berlari. Si Siput tidak kalah cerdiknya dengan Si Kancil. Akhirnya yang menjadi pemenang adalah Si Siput, karena mereka dapat bekerjasama dengan teman-temannya.

Perhatikan gambar di atas, pilihlah jawaban yang benar di bawah ini:

a.  Si Kancil bersedih karena tidak diajak Si Siput’
b.  Si Siput yang akhirnya mengalah untuk tidak menang
c.  Si Kancil terkejut karena Si Siput menang
d. Si Siput berlari lebih cepat dari Si Kancil

  1. Pada suatu hari, Si Kancil akan menyeberang sungai. Sementara di sungai ada banyak buaya. Ketika akan menyebrang, Si Buaya mengancam Si Kancil untuk memakannya. Si Kancil berkata, “Wahai Buaya, jika kalian ingin memakan aku tolong berjejer dulu di sungai, akan aku hitung kalian sehingga aku tahu, apakah dagingku cukup untuk kalian”. Setelah Si Buaya berjejer maka menyebrangkah Si Kancil dengan aman dan kabur ke dalam hutan.

Pilihlah pernyataan yang benar di bawah ini, boleh lebih dari satu:

    • Si Kancil memiliki sifat cerdik
    • Si Buaya menurut dengan Si Kancil
    • Si Kancil akhirnya kabur ke hutan
    • Si Buaya marah dan mengejar Si Kancil
    • Si Kancil ketakutan dan bersembunyi di hutan
  1. Kenapa Si Kancil harus menghitung Si Buaya?

a. Sekedar kecerdikan Si Kancil saja
c. Untuk mengetahui jumlah Si Buaya
c. Menghitung kecukupan dagingnya
d. Memberi harapan pada Si Buaya


B. Memahami

Kompetensi : Memahami teks secara literal

Indikator : Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai jenjangnya. (3 Soal)


5. Suatu hari, kejar mengejar antara Si Biawak dengan Si Buaya tidak bisa dihindarkan. Keduanya merasa kuat dan merekapun bertarung. Kejadian itu terjadi pada suatu pinggiran sungai yang dulunya tenang berubah menjadi beriak. Si Gurami beserta keluarganya ketakutan dan mencari tempat perlindungan di bawah akar pohon. Mendengar pertengkaran itu Si Gurami memohon kepada Si Sidat. Si Sidat pun melepaskan kesaktiannya melepaskan listrik sehingga Biawak dan Buaya lemas. Saat itulah Si Gurami memberikan nasehat supaya keduanya tidak bertengkar lagi. Biawak dan Buaya akhirnya berterimakasih kepada Si Gurami dan Si Sidat telah mampu melerai mereka. Merekapun akhirnya menyesali kelakuannya suka membuat gaduh.

Membaca cerita di atas, dimanakah kejadian terebut:

a. Danau
b. Parit
c. Sungai
d. Laut

6. Apa yang menjadi penyebab Biawak dan Buaya bertengkar?

a. Mereka berebut makanan
b. Mereka membuktikan kekuatan
c. Mereka berlomba
d. Mereka bermain

 


Kompetensi : Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

Indikator : Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks sastra sesuai jenjangnya. (4 Soal)


7. Suatu hari Si Kancil bertemu dengan Pak Tani yang sedang mengurus kebun mentimunnya. Si Kancil bercerita kepada Pak Tani bahwa ia senang sekali kalau diberikan kesempatan bekerja di ladangnya Pak Tani dengan upah hanya menmtimun saja. Pak Tani menyambut baik kemauan Si Kacil, dan Si Kancil ditugaskan untuk menjaga kebunnya Pak Tani. Akhirnya upah pertama diberikan kepada Si Kancil yaitu dua buah mentimun. Si Kancilpun senang karena perutnya sedang lapar dan melahap mentimuan yang diberikan Pak Tani. Saat itu Si Monyet menghampiri Si Kancil dan sangat heran kenapa diberikan makan oleh Pak Tani. Pak Tani yang tahu Si Monyet datang lalu menyuruh Si Kancil mengusirnya, dan Si Monyet pun pergi. Suatu ketika Si Monyet datang lagi dan betanya dengan Si Kancil tentang kanapa Ia diberikan makan mentimun oleh Pak Tani. Si kancil pun bercerita bahwa ia bekerja menjaga kebun Pak Tani, karena banyak mentimunnya yang dicuri Si Monyet. Si Monyet terkejut, dan menawarkan diri untuk ikut bekerja menjaga kebun Pak Tani. Pak Tani menangkap Si Monyet dan di taruh dalam sangkar. Si Kancil tidak tega melihat kawannnya ditangkap Pak Tani dan berjanji menasehati Si Monyet untuk tidak mencuri lagi. Si Monyetpun dilepaskan dan berjanji tidak akan mencuri lagi, dan ikut bekerja menjaga kebun Pak Tani. Mereka akhirnya mendapatkan pekerjaan dan mentimun setiap hari tanpa harus mencuri lagi.

Pilihlah pernyataan yang benar di bawah ini, boleh lebih dari satu:

    • Si Monyet suka mencuri mentimun
    • Si Kancil menangkap Si Monyet
    • Si Kancil bekerja di ladang Pak Tani
    • Si Kancil akhirnya menolong Si Monyet
    • Pak Tani memiliki pekerja Kancil dan Monyet

8. Berdasarkan cerita di atas, mengapa Pak Tani menangkap Si Monyet?

a. Karena Si Monyet merebut mentimunnya Si Kancil
b. Karena Si Monyet merusak kebun Si Kancil
c. Karena Si Monyet mencuri mentimun
d. Karena Si Monyet malas dan tidak mau bekerja

9. Kenapa Pak Tani mau mempekerjakan Si Monyet?

a. Karena Si Monyet telah berjanji akan tidak lagi mencuri
b. Karena Si Monyet temannya Si Kancil
c. Karena Si Monyet makan mentimunnya sedikit
d. Karena Si Monyet tidak pernah jahat dengan Si Kancil


Indikator : membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)


10. Jika Si Monyet tidak ditolong Si Kancil maka berikut yang akan terjadi, pilihlah lebih dari satu!

    • Si Monyet akan terus ditangkap Pak Tani
    • Si Monyet akan dendam dengan Pak Tani
    • Si Monyet akan marah dan benci dengan Si Kancil
    • Si Monyet akan dilepaskan Pak Tani
    • Si Monyet akan berterimakasih dengan Pak Tani

C. Mengevaluasi dan merefleksi

Kompetensi : Menilai format penyajian dalam teks

Indikator : Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya. (5 Soal)


11. Bacalah puisi di bawah ini:

Warnaku hijau
Setiap hari aku di terpa angin
Daunku melambai-lambai
Batangku meliuk-liuk

Pohonku tinggi
Setiap saat aku dipanjat
Buahku banyak
Sangat disukai manusia

Buah mudaku untuk minuman
Daging buahku untuk makanan manusia
Kulit buahku keras
Sering dipakai hiasan oleh manusia

Setelah membaca puisi di atas, keadaanku dijelaskan pada puisi :

a. Bait pertama
b. Bait kedua
c. Bait ketiga
d. Bait pertama dan ketiga

12. Kegunaanku dijelaskan pada :

a. Bait pertama
b. Bait kedua
c. Bait ketiga
d. Bait pertama dan ketiga

13 Pohon di atas adalah pohon :

a. Padi
b. Mangga
c. Kelapa
d. Jeruk

14 Siapakah yang memanjat aku setiap saat :

a. Monyet
b. Kancil
c. Kambing
d. Manusia