Kempetensi siswa dalam bidang numerasi menjadi perhatin kita bersama, karena aspek numerasi menjadi indikator paling rendah yang menyebabkan mutu pendidikan Indonesia tetap berada pada rangking paling buncit di atara negara-negara di dunia.Bahkan kita dikalahkan oleh Vietnam, yang notabena negara yang belakangan memperoleh kemerdekaannya dari kita.

Pengembangan kompetensi dalam aspek numerasi akan sangat berpengaruh dalam mengasah kemampuan anak-anak dalam bernalar. Pada level terendah kemampuan bernalar anak-anak akan terbantu, jika dilatih dengan metode kontekstual, dan konkret. Kalau saja hal itu sering dilakukan maka kompetensi siswa dalam bernalar dalam aspek numerasi, tidak hanya menjadi dominasi anak-anak yang berbakat matematika. Anak-anak yang memimiliki bakat dan kecerdasan lainnyapun akan memperoleh kesempatan yang sama dalam melatih nalarnya dalam aspek numerasi.  Alasannya apa? Karena numerasi dasar itu adalah suatu keterampilan hidup. Seminim apapun kegiatan seseorang ketika mereka beraktifitas saat dewasa, pasti akan sering berhubungan dengan aspek numerasi leval rendah ini. Tujuannya adalah untuk membantu anak-anak ketika mengarungi masa depan nanti memiliki keterampilan berpikir menggunakan nalar yang salah satunya adalah numerasi

Baca Juga :

Contoh AKM Numerasi
Contoh AKM Literasi
Contoh AKM Agama
Contoh AKM Literasi Fiksi
Contoh AKM Literasi Informasi

 

Berikut penulis contohkan beberapa soal numerasi, yang diadaptasi dari soal numerasi yang direkomendasikan kemdikbud. Soal yang disajikan berikut adalah soal level 1  untuk Kelas II sekolah dasar.

Bilangan

Aspek Representasi

Kompetensi : Memahami bilangan cacah (maks. tiga angka).

1. Lengkapi kotak-kotak di bawah ini!

Kompetensi : Memahami pecahan satuan sederhana (1/2, 1/3, 1/4, 1/5).

2. Perhatikan gambar di bawah ini!

 

Pilihan yang mana sesuai dengan cara membagi apel seperti gambar di atas?

 

 

Kompetensi : Mengenal garis bilangan dan mengetahui posisi bilangan cacah pada garis bilangan.

3. Perhatikan gambar di bawah ini!

Lengkapi bagian angka yang terhapus pada penggaris!      …  dan …

Sifat Urutan

Kompetensi : Membandingkan dua bilangan cacah (maks. tiga angka).

4.  Perhatikan gambar berikut :

Urutkanlah bilangan di atas dari besar ke kecil

Operasi

Kompetensi : Menghitung hasil penjumlahan/ pengurangan dua bilangan cacah (maks. tiga angka).

5. Lengkapi kotak yang kosong pada gambar di atas!

Kompetnsi : . Menentukan beberapa (maks. 5) kelipatan suatu bilangan cacah n dengan n < 10.

6. Perhatikan gambar di bawah ini!

Andi melangkah 1 ubin, Yusuf melangkah 2 ubin, dan Anton  melangkah 3 ubin. Mereka akan menginjak ubin bernomor sama yaitu pada nomor : …    ,    …   dan     …           (Mereka mulai melangkah dari titik 0, untuk membantu tandailah ubin-ubin yang mereka injak)

 

Geometri dan Pengukuran

Bangun Geometri

Kompetensi : Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran.

7. Perhatikan gambar di bawah ini:

 

 Pilihlah pernyataan yang benar di bawah ini, boleh lebih dari satu pilihan!

  • Bangun a, b, c dan h adalah segi empat
  • Bangun a, b, h dan k adalah segi empat
  • Bagun d, e, f dan k adalah segi empat
  • Bangun b, c, h dan l adalah segi empat
  • Bangun c, d, e dan g adalah segi empat

 

8. Perhatikan gambar di bawah ini! Pilihlah gambar yang menunjukkan lipatan ujung kertas seperti yang terdapat pada gambar persegi panjang!

 

Kompetensi : Mengenal balok dan kubus.

9. Perhatikan gambar di bawah ini :

 

Perhatikan gambar kubus dan balok di atas, dan pilihlah pernyataan benar di bawah ini, boleh lebih dari satu:

  • Kotak yang berbentuk balok adalah wadah tempat kubus
  • Di dalam kotak yang berbentuk balok terdapat kubus
  • Kubus dan balok sisinya sama sama persegi panjang
  • Kubus dan balok sisi-sisinya merupakan segi empat
  • Kubus dan balok berbentuk sisinya selalu sama

Pengukuran

Kompetensi : Mengenal satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), waktu (detik, menit, jam) dan volume (liter). (4 Soal)

10. Perhatikan gambar di bawah ini, Wati adalah siswa kelas V, dan Arman adalah siswa kelas VI. Jika jarak kelas V dan VI adalah ½ (setengah) dari panjang sekolah, maka berapakah jarak Rumah Wati dan Rumah Arman?

 

11. Perhatikan gambar di bawah ini, Sebelah kanan adalah jam awal sesuai arah tanda panah yang menunjukkan jam akhir. Silahkan isi kotak yang menunjukkan lama waktunya!

12. Hubungkanlah dengan garis, antara gambar timbangan dengan  batu timbangan yang sesuai pada gambar di atas!

 

13. Wadah besar berisi air 4 liter, dituangkan ke kelas yang masing-masing ukurannya 1 liter.

Yang terjadi selanjutnya adalah : pilihlah satu jawaban yang paling benar!

a. Air dalam wadah besar habis, semua gelas tidak penuh

b. Air dalam wadah besar habis, semua gelas penuh

c. Air dalam wadah besar tidak habis, semua gelas penuh

d. Air dalam wadah besar tidak habis, semua gelas tidak penuh

Aljabar

Persamaan dan Pertidaksamaan

Kompetensi : Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan/pengurangan

15. Perhatikan gambar di bawah ini!

Isilah tanda = (sama dengan), < (lebih kecil dari dan),  > (lebih besar dari), pada kotak di atas !

16 Perhatikan gambar di bawah ini:

Berdasarkan gambar di atas pilihlah salah satu jawaban yang benar di bawah ini !

a. apel kuning = semua apel – jumlah apel merah, hijau dan coklat

b. apel kuning = jumlah apel merah + jumlah apel hijau + jumlah apel coklat

c. apel kuning = jumlah apel merah – jumlah apel hijau +jumlah apel coklat

d. apel kuning = jumlah apel merah + jumlah apel hijau +jumlah apel coklat

 

17. Perhatikan gambar di bawah ini!

Jika Budi memakan empat apel kuning, maka pilihlah pernyataan yang benar di bawah ini:

a. Jumlah apel merah dan kuning lebih sedikit dari jumlah apel hijau dan coklat

b. Jumlah apel merah dan kuning sama dengan jumlah apel hijau dan apel coklat

c. Jumlah apel merah dan kuning sama dengan jumlah apel hijau dan coklat dikurangi apel kuning yang dimakan

d. Jumlah apel merah dan kuning sama dengan jumlah apel hijau dan coklat ditambah apel kuning yang dimakan

 

Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)

Kompetensi : Mengenali pola gambar atau objek.

18. Perhatikan gambar di bawah ini!

Jika susunan bunga kamboja di atas dilanjutkan maka, banyaknya bunga yang diperlukan adalah :

a. lima bunga putih dan tiga bunga merah

b. empat bunga putih dan lima bunga merah

c. lima bunga merah dan empat bunga putih

d. lima bunga putih dan empat bunga merah

 

19. Perhatikan gambar di bawah ini!

Manakah dari gambar yang dipisah di bawah ini kalau digabung akan menjadi gambar seperti di atas?