A. Pengantar

Pelaksanaan belajar aktif di era Pandemi Covid-19, jika diupayakan secara berkelanjutan maka harapan untuk berhasil itu selalu ada. Tantangan PJJ merupakan sesuatu yang sangat kompleks, mulai dari pengadaan kuota, kondisi orang tua yang beragam, jarak ke sekolah yang bervariasi, dan beberapa alasan teknis terkadang juga menghambat proses belajar.

Salah satu yang unik ditemukan pada proses belajar pada Minggu III Bulan Maret Tahun 2021 ini adalah ketika dilakukan kunjungan rumah. Tujuan dilakukan kunjungan rumah adalah mengoptimalkan aktivitas belajar siswa di masa Pandemi Covid-19, yang menyasar kepada beberapa orang siswa, yang mengalami hambatan dalam kegiatan belajarnya. Beberapa fakta yang terungkap setelah kegiatan itu dilaksanakan adalah :

  1. Tanggapan orang tua yang sangat positif ketika guru berkenan mengunjungi anaknya. Dengan ekspresi menangis, seorang orang tua siswa mengungkapkan kebahagiaan dan keharuannya ketika dikunjungi karena merasa diperhatikan oleh pihak sekolah
  2. Empati dan simpati guru terkait kondisi siswa ketika dilaksanakan pendekatan yang intensif, baik ketika orang tua siswa ke sekolah mengumpulkan tugas maupun ketika guru berkunjung ke rumah, semakin besar. Naluri dan kasih sayang guru sebagai orang tua sangat jelas mengemuka, yang ditandai oleh kepedulian guru yang tidak segan-segan memberi bentuk bantuan baik moril maupun materi sebagai penyemangat bagi orang tua yang nyata-nyata berkeluh kesah tentang kondisi finansial di tengah himpitan tragedi Covid-19.
  3. Intensistas pemenuhan kewajiban siswa meningkat, dimana capaian aktivitas belajar siswa, sampai minggu ke III Bulan Maret 2021 ini hampir mendekati 98%, jika dilihat dari capaian pemenuhan kewajiban dalam hal pengumpulan tugas, melaksanakan tugas-tugas yang diberikan guru, kehadirannya ketika pelaksanaan pembelajaran daring.
  4. Motivasi secara berkelanjutan yang diberikan kepala sekolah kepada para guru melalui kegiatan refleksi mingguan, telah berdampak kepada mutu penyelenggaraan pembelajaran, intensitas penyelenggaraan kunjungan rumah, inovasi pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah yang berkelanjutan dilaksanakan.

Baca juga :

Strategi Pembelajaran Keterampilan Berpikir

Meningkatkan Keterampilan Berpikir Anak

Pengembangan RPP Inovatif

Supervisi Pemberian Tips Mingguan

Supervisi Pembelajaran Berbasis Google Class Room

 

B.  Pembahasan Proses Refleksi

Pada pembahasan selanjutnya akan dideskripsikan proses pembimbingan yang dilakukan kepala sekolah melalui Whatsaap Group Sekolah dan/atau pelaksanaan rapat-rapat refleksi pembelajaran pada setiap akhir maupun awal minggu.

1. Kelas IV

a. Materi

Kerjakan tugas di bawah ini ! Sebutkan beberapa contoh peristiwa :

  • Gaya mempengaruhi benda bergerak menjadi diam.
  • Gaya mempengaruhi benda diam menjadi bergerak.
  • Gaya dapat mempengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat.
  • Gaya dapat mempengaruhi arah gerak suatu benda.

b. Refleksi

Melihat penugasan kelas IV di atas, dapat saya deskripsikan refleksi sebagai berikut :

  • Model penugasan seperti itu, kurang menarik, dan hanya dengan mencari di Google maka mereka akan dengan mudah menjawab
  • Model penugasan seperti itu, hanya berkutat pada aspek pengetahuan saja, sedangkan yang dibutuhkan dalam proses belajar IPA adalah proses mendapatkan pengalaman belajar
  • Model penugasan seperti itu, tidak melibatkan orang lain seperti orang tua, kakak, maupun teman sekelasnya yang dapat diajak berkolaborasi

c.  Saran

Buat rencana pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif lagi, seperti menugaskan siswa melakukan percobaan tentang gaya gesek, dengan panduan LKPD yang kita buat berikut model LKPD yang dapat diterakpan pada pembelajaran di atas :

LKPD

Tujuan

Untuk mengetahui pengaruh gaya terhadap benda diam

Untuk mengetahuai pengaruh gaya terhadap bentuk benda

Untuk mengetahui pengaruh gaya terhadap arah gerak benda

 

Alat dan bahan

  1. Kaleng bekas
  2. Gelas kaca
  3. Gelas plastik
  4. Buji salak/kelereng
  5. Kalet gelang
  6. Sendok dapur

Langkah kegiatan

No Nama Benda Perlakuan Dampak Kesimpulan
1 Kaleng bekas Dipukul

 

 

 

 

Diinjak

Apakah rusak ringan atau rusak berat?……………

 

Apakah rusak ringan atau rusak berat?………..

Semakin besar tenaga yang diperlukan untuk…….. kaleng maka semakin……………bentuk kaleng
2 Gelas Kaca

 

 

Gelas Plastik

Ditarik dengan karet gelang

 

Ditarik dengan karet gelang

 

Panjang karet semula…….dan panjang karet akhir…………….

Panjang karet semula…………..dan panjang karet akhir……….

Semakin……….gelas maka panjang karet semakin………….menunjukkan semakin …………….gelas maka gaya yang diperlukan untuk menarik semakin……………….
3 Biji salak/kelereng

Sendok dapur

Menggelindingkan di lantai, kemudian dipukul/disentuh dengan sendok ketika begerak Arah biji salak ketika di sentuh saat bergerak adalah……………

Arah biji salak ketika dipukul saat bergerak adalah…………

Gerakan biji salak/kelereng ketika disentuh saat bergerak adalah…………….

Gerakan biji salak/kelereng ketika disentuh saat bergerak adalah…………….

Baca Juga :

UNIVERSAL THINKING

UNIVERSAL THINKING SCIENCE FICTION

TIPS PEMBELAJARAN BERPIKIR UNIVERSAL

Kabar Buruk Untuk Ilmu Pengetahuan dan Sains

Dunia Darurat Menurut Global Economic Forum

2. Kelas V

a. Materi

Selamat pagi anak-anak. Apa kabar? Silakan menjawab pertanyaan di bawah ini  Setelah itu temukan informasi penting dalam bentuk peta konsep!

b. Refleksi

Berikut dikemukakan kelemahan dan kekuatan proses pembelajaran seperti dikemukakan di atas :

  • Sudah menghadirkan konten pembelajaran yang sesuai dengan KI/KD
  • Sudah melakukan penugasan kepada siswa terkait mencari informasi

Kelemahannya :

  • Tidak menyebabkan siswa aktif dalam belajar
  • Hanya mengedepankan pengetahuan kognitif semata, tanpa memberi kesempatan siswa untuk berbuat sesuatu untuk lingkungannya, yang merupakan bagian terpenting dari pencapaian kompetensi ini
  • Tidak akan menghasilkan perubahan perilaku dan sikap terkait kepeduliannya terhadap lingkungan
  • Tidak dapat mewujudkan bagaimana siswa dapat mengajak segenap keluarga dan lingkungannya untuk sama-sama peduli dengan lingkungan di sekitarnya

c. Saran

Lakukan kegiatan pembelajaran yang menghadirkan suatu proses belajar sehingga siswa aktif belajar sehingga siswa dapat melakukan sesuatu untuk peduli pada lingkungannya, bukan hanya tahu saja. Pengetahuan terkait lingkungan dapat mereka peroleh dari membaca, tetapi perubahan perilaku dan sikapnya tidak ada di buku, disinilah peran guru untuk merubah perilaku mereka sehingga ketika belajar selsai, mereka telah berbuat sesuatu dan memaknainya sebagai kegiatan positif yang harus terus dilakukan.

Berikut proses belajar yang harus ditambahkan sebagai pemicu, shingga keaktivan belajar siswa dapat meningkat:

LKPD

Tujuan :

  1. Menjelaskan pentingnya kebersihan lingkungan
  2. Melakukan kegiatan kebersihan lingkungan
  3. Membagikan video tentang manfaat kebersihan lingkungan

Alat dan bahan

  1. Kertas kerja
  2. Alat-alat kebersihan
  3. HP Kamera
  4. Kuota internet

Langkah kegiatan

  1. Mengamati keadaan di dalam rumah dan sekeliling rumah tentang kondisi kebersihan lingkungan
  2. Menuliskan rencana kegiatan kebersihan lingkungan (di dalam/halaman/sekitar rumah)
  3. Menulis alat dan bahan yang akan digunakan untuk mengadakan kegiatan kebersihan
  4. Menuliskan langkah-langkah kegiatan kebersihan
  5. Mendokumentasikan sebelum dan sesudah dilaksanakannnya kegiatan kebersihan’
  6. Mengajak orang lain untuk melakukan kegiatan kebersihan
  7. Melakukan kegiatan kebersihan
  8. Menulis kembali pengalaman baik suka duka dalam mengerjakan kegiatan kebersihan
  9. Mengkomunikasikan pengalaman tersebut, melalui tulisan, video dan lain-lain dan membagikannnya kepada orang lain

3. Kelas VI

a. Materi

Selamat pagi anak-anak salam sehat semuanya mari kita tetap  semangat belajar walaupun secara daring. Sekarang kita akan belajar tentang pengolahan data.

Tugas

  1. Data hasilmulangan matematika anak kelasVI.

      80  50  50  80  80  60  60  80  80  90  100  80  70  70  80  90  60  60  70  70.

  1. Urutkan data dari yang terkecil……..
  2. Nilai data terkecil adalah………….
  3. Nilai data terbesar adalah………..
  4. Modus dari data tersebut adalah…….
  5. Median dari data tersebut adalah………..
  6. Mean dari data tersebut adalah…..

Selamat pagi anak-anak salam sehat semuanya.

Tugas  :

  1. Buatlah 3 informasi penting yang menjelaskan tiga hal berikut.
  2. Kapan gerhana matahari terjadi ?
  3. Apa yang menyebabkan gerhana matahari ?
  4. Apa saja jenis-jenis gerhana matahari dan apa perbedaannya ?
  5. Gambarlah salah satu jenis gerhana matahari dengan menggunakan kertas manila dan diwarna, gambarrnya yang agak besar supaya jelas dan isi keterangan, agar lebih jelas lihat buku paket ha l95 sampai 96 !

b. Refleksi

Berikut saya kemukakan beberapa sisi kelemahan dan kekuatan proses belajar yang diselenggarakan pada siswa kelas VI di atas yaitu:

Kekuatan :

  • Telah menghadirkan konten pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum
  • Telah menghadirkan pembelajaran dimana siswa telah ditugaskan untuk mengerjakan tugas terkait pengolahan data
  • Telah optimal menghadirkan proses belajar terkait gerhana bulan dan matahari, yang didukung video animasi gerhana bulan dan matahari

Kelemahan

  • Kebermanfaatan dan pemaknaan data yang disajikan, hendaknya lebih menyentuh dengan kondisi lingkungan di sekitar siswa seperti data ketinggian air di bak mandi, data banyaknya penggunaan paket data yang digunakan keseharian siswa, data penggunaan meteran listrik setiap bulannya, data penghabisan rata-rata pulsa listrik, meteran air dan lain lainnya
  • Kebermanfaatan pengetahuan tentang gerhana bulan dan matahari harus mampu dijelaskan oleh siswa, sehingga mereka memiliki sikap dan perilaku bijak dalam menghadapi fenomena tersebut

c. Saran

Berikut saya kemukakan hal yang harus dilakukan untuk menjamin agar siswa benar-benar aktif belajar dan dapat memaknai proses belajar tersebut sehingga siswa memiliki kompetensi yang diwujudkan dengan perubahan perilaku, walaupun yang paling sederhana sekalipun.

Langkah-langkah pemebelajaran :

  • Tugaskan siswa untuk mencatat beberapa hal yang bisa dijadikan kegiatan belajar seperti : Mencatat data penggunaan paket internet secara harian, Mencatat penggunaan air dengan mencatat penggunaan air harian, Mencatat penggunaan listrik harian pada meteran listirk
  • Kegiatan dilakukan dengna durasi minimal satu minggu, sehingga diperoleh data sebanyak 7, bisa juga 2 minggu, 3 minggu (disesuaikan)
  • Tugaskan siswa mencatat penggunaan setiap hari (pengumpulan data),
  • Tugaskan siswa mengolah data (mengurutkan, menentukan rata-rata, modus, median, tambahkan (nilai tertinggi/ maksimum, nilai ternendah minimum),
  • Tugaskan siswa menganalisis dengan memberikan pertanyaan: Kapan penggunaan paket/listrik/air terendah ? Kenapa? Jelaskan; Kapan penggunaan paket/listrik/air tertinggi? Kenapa? Jelaskan; Jika rata-rata penggunaan itu berlangsung sebulan, jika dikalikan harga paket/listrik/air, berapakah pengeluaran orang tua kamu dalam sebulan; Tindakan apa yang akan kamu lakukan untuk menghemat kuota/listrik/air?
  • Untuk pelajaran tentang gerhana matahari maupun bulan dapat ditambahkan dengan mengaajukan pertanyaan yang menantang siswa: Apakah tindakan yang kamu lakukan dalam menghadapi gerhana matahari/bulan?, Lakukan wawancara singkat dengan orang tua tentang gerhana bulan dan matahari, Tulislah pengalaman belajarmu, dan sampaikan dengan guru dan teman-temanmu

4. Kelas II

a. Materi

Selamat pagi anak-anak, salam sehat untuk kita semua dan tentunya masih tetap semangat kan ya belajar dari rumahnya! BDR hari ini kita akan belajar tentang perbedaan ciri fisik dan kegemaran individu. Sebelum Mengerjakan tugas ingat berdoa dulu dan bacalah pentujuk tugasna dengan teliti! Tuhan menciptakan manusia dengan beraneka ragam. Misalnya dari ciri fisik. Setiap orang memiliki ciri fisik, warna kesukaan, kegemaran dan hobi yag berbeda-beda. Ada yang berbadan gemuk, ada yang berbadan kurus. Ada berambut lurus dan ada yang berambut keriting. Ada yang suka warna merah, ada yang suka warna biru. Ada yang hobinya bersepeda ada juga yang hobinya membaca buku. Ciri fisik yang kita miliki adalah anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu kita perlu mensyukurinya. Kita juga harus menghargai ciri fisik orang lain dan juga kegermaran orang lain. Dengan saling menghargai kehidupan kita akan menjadi lebih indah dan damai. Nah tugas kalian sekarang adalah mencari data tenang ciri fisik dan kegemaran setiap anggota keluarga yang ada dirumah masing-masing! Kerjakanlah tabel dibawah ini ! (lihat pada lampiran), Buatlah tabel pada buku tugasmu!  Selamat bekerja!

b. Refleksi

Berikut disajika  kelemahan dan kakuatan proses belajar yang disajikan sebagai bentuk refleksi yaitu : Kekuatan :

  • Proses belajar yang disajika telah baik, dimana diawali dengan proses pendaluluan berupa apersepsi yang baik
  • Konten belajar yang dihadirkan telah sesuai dengan muatan kurikulum yang diajarkan

Kelemahan

  • Ketidaklengkapan data semestinya ada dalam data yang siswa gali dari ciri-ciri fisik anggota keluarga yang dapat mengarahkan siswa untuk lebih aktif lagi belajar seperti mengukur panjang jari tangan, lingkar badan, lingkar lengan dan sebagainya, sehingga mengarahkan siswa untuk mendapatkan perbedaan antara ciri fisik, dan usia.
  • Kegiatan menghubungkan ciri fisik dengan bidang pekerjaan yang diambil, sehingga anak mengerti dan dapat dampak dari pekerjaan dengan fisik anggota keluarganya. Misalnya Si Bapak yang bertugas sebagai petani, yang kurus dan berotot, dengan pamannya sebagai pegawai negeri yang perutnya buncit dan berlemak.

c. Saran

Terkait dengan beberapa kelemahan yang disajikan di atas berikut saya kemukakan beberapa masukan untuk menyempurnakan proses pembelajaran :

  • Menambahkan kolom pada tabel yang memuat item terkait panjang jari tangan, lingkar badan, lingkar lengan dan sebagainya, sehingga mengarahkan siswa untuk mendapatkan perbedaan antara ciri fisik, dan usia
  • Menambahkan pertanyaan untuk menghubungkan ciri-ciri fisik dengan pekerjaan maupun hobinya seperti : Misalnya Si Bapak yang bertugas sebagai petani, yang kurus dan berotot, dengan pamannya sebagai pegawai negeri yang perutnya buncit dan berlemak, atau hubungan bentuk tubuh anggota keluarga yang berolahraga dan tidak.

4. Kelas III

a. Materi

Selamat pagi apa kabar semoga semua dalam keadaan sehat. Hitunglah keliling dari berbagai bangun datar pada buku tema 7 halaman 155 sampai halaman 156 .

b. Refleksi

Melihat proses belajar yang diselenggarakan pada Google Class Room berikut dikemukakan kelebihan dan kekurangan sebagai bahan refleksi, berikut adalah deskripsi kekuatan, yaitu:

  • Proses pembelajaran seperti disajikan sudah sesuai dengan kurikulum berdasarkan kompetensi yang harus diajarkan di kelas III
  • Telah memberi penugasan kepada siswa melalui Google Class Room

Beberapa kelemahan yang telah ditemukan pada proses pembelajaran yang perlu mendapat penyempurnaan adalah sebagai berikut :

  • Proses pembelajaran seperti telah disajikan, belum mencerminkan penggunaan benda konkret seperti yang tersedia di sekitar rumah siswa ketika pelaksanaan PJJ
  • Proses pembelajaran masih terlalu kaku menggunakan buku sumber, dimana guru tidak berani melakukan inovasi pembelajaran

c. Saran

Sebagai bentuk penyempurnaan proses pembelajaran yang telah dilakukan adalah sebagai berikut, disajikan langkah-langkah pembelajaran yang dapat menggunakan benda konkret di sekitar rumah seperti berikut :

  • Kegiatan diawali dengan apersepsi terkait aktivitas dan tanya jawab via Google Class Room tentang benda-benda yang tersedia di linkungan rumah
  • Siswa menjelaskan bentuk benda yang terdapat di lingkungan rumah sebagai bentuk bidang datar, seperti pintu, ubin keramik lantai, bentuk ruangan, bentuk meja dan lan lain
  • Siswa ditugaskan melakukan kegiatan belajar berdasarkan panduan LKPD, sebagai berikut :

LKPD

Tujuan :

  1. Melakukan pengukuran langsung keliling bangun bidang datar
  2. Mengetahui ukuran unsur-unsur bangun bidang datar
  3. Melakukan perhitungan dalam menentukan keliling bangun datar berdasarkan unsur-unsur yang diketahui

Alat dan bahan

  1. Kertas kerja
  2. Meteran/Penggaris

Langkah Kegiatan

No Nama Benda Perlakuan Hasil
1 Benda berbentuk persegi seperti ubin keramik dll 1.   Mengukur  panjang : …….

2.   Mengukur lebar :……………

3.   Mengukur keliling :……………..

4.   Menentukan keliling dengan cara menggunakan rumus keliling berdasarkan data panjang dan lebar yang ditemukan : ……………..

 

Hasil pengukuran langsung

p = ….

l  =…..

kll =…..

 

Hasil perhitungan

Kll = …………

2 Benda berbentuk persegi panjang seperti ruangan dapur, kamar dll 1.    Mengukur  panjang : …….

2.    Mengukur lebar :……………

3.    Mengukur keliling :……………..

4.    Menentukan keliling dengan cara menggunakan rumus keliling berdasarkan data panjang dan lebar yang ditemukan : ……………..

 

Hasil pengukuran langsung

p = ….

l  =…..

kll =…..

 

Hasil perhitungan

Kll = …………

3 Benda berbentuk segitiga seperti potongan kertas segitiga dll 1.   Mengukur  panjang : …….

2.   Mengukur lebar :……………

3.   Mengukur keliling :……………..

4.   Menentukan keliling dengan cara menggunakan rumus keliling berdasarkan data panjang dan lebar yang ditemukan : ……………..

 

Hasil pengukuran langsung

p = ….

l  =…..

kll =…..

 

Hasil perhitungan

Kll = …………

4 Benda bidang datar lainnya disesuaikan  

5. Kelas I

a. Materi

b.  Refleksi

Berikut disajikan kelemahan dan kekuatan proses pelaksanaan pembelajara siswa Kelas I, dimana kekuatan proses pembelajaran yang telah disajikan kebanyakan melalui Whatsaap Group adalah sebagai berikut :

  • Penugasan kepada siswa telah dilakukan secara intensif dan antusias anak dan orang tua dalam mengikuti pelajaran sangat baik
  • Materi yang disajikan telah sesuai dengan konten kurikulum yang disajikan

Beberapa kelemahan yang teridentifikasi saran adalah sebagai berikut :

  • Guru hendaknya, sedikit tidaknya memberikan petunjuk kepada orang tua siswa tentang cara pengerjaannya, baik melalui Google Class Room atau Whatsaap Group, terutama dalam menggunakan benda konkret dalam membelajarkan anak pada muatan matamatika, seperti menggunakan batu, lidi dan benda lain yang ada di sekitar anak
  • Guru hendaknya, memberikan petunjuk kepada orang tua dalam mendampingi anak belajar menulis, seperti cara duduk, cara memegang pensil atau pulpen, cara menghapus, cara menaruh buku, cara mengisi buku, cara memulai menulis pada halaman berapa, pinggir kertas baik atas, bawah, kiri dan kanan, berikut juga cara agar anak anak secara baik memelihara penempatan dan cara melipat buku dan menumpuk buku.
  • Optimalisasi pembelajaran di kelas I, dapat dilakukan dengan memuat materi pada Google Class Room, seperti kegiatan harian berdasarkan hari, minggu, dan bulan, agar pada setiap saat dilengkapi. Hal ini sangat penting untuk membiasakan anak dan orang tua dapat mengisi form Google Class Room sejak kelas I, sehingga ketika di kelas II, dapat melakukannnua secara lebih baik.

6. Mapel Agama Hindu Kelas Tinggi

a. Materi

1 .Pura merupakan tempat suci bagi umat yang beragama Hindu ,

     Coba jelaskan fungsi pura …

 2 .Pura  kahyangan tiga terdiri dari berapa mandala ? .Jelaskan..!

b. Refleksi

Berdasarkan materi yang disajikan oleh Guru Agama Kelas Tinggi di atas, dapat disajikan beberapa kekuatan dari proses pembelajaran seperti diuraian di bawah ini:

  • Guru telah menyampaikan materi sesuai ruang lingkup kurikulum Mapel Agama Hindu
  • Penyajian telah dilakukan di Google Class Room

Beberapa kelemahan yang teridentifikasi dari proses belajar sekaligus saran dari proses belajar yang  telah dilaksanakan  adalah sebagai berikut :

  • Penugasan yang diberikan hanya menyangkut aspek pengetahuan saja tanpa melibatkan aspek lain seperti keterampilan, bagaimana siswa dapat memiliki kompetensi yang lebih luas terkait tempat suci, seperti, bertanya dan tahu nama pelinggih, siapa yang berstana, dan keunikan lain yang terdapat pada pelinggih yang berbeda-beda pada kehidupan masyarakat di Bali khususnya
  • Siswa dapat memperoleh kompetensi yang lebih komples selain hanya mengetahui apa itu pelinggih, dan apa itu mandala, sesekali siswa dapat di ajak ngayah ke Pura Puseh. Guru dapat menunjukkan mandala, sambil  melakukan kerja bakti ngayah, membersihkan lingkungan pura dan langsung bersembahyang. Walaupun saat ini masa pandemi, terkait dengan kegiatan ngayah ke Pura, dapat dilakukan kepada hanya beberapa (5 – 6 orang  siswa) yang kebertulan berdekatan dengan guru atau kondisi tertentu yang memungkinkan. Dengan tetap mengikuti aturan protokol yang telah ditetapkan.

7. Mapel Guru Agama Hindu Kelas Rendah

a. Materi

Om Swastiastu anak-anak. Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat. Pertemuan hari ini, tontonlah video pembelajaran pada link dibawah ini tentang Sikap-sikap sembahyang. Setelah anak-anak menonton video tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini :  1. Berapa jumlah jenis sikap-sikap sembahyang?  2. Sebutkan jenis-jenis sembahyang! 3. Sebutkan jenis sikap sembahyang khusus untuk laki-laki!  4. Sebutkan jenis sikap sembahyang khusus anak perempuan!

Jawablah di buku tugas agama hindu. Ingat tgsnya di setor kesekolah. Om santi, santi, santi Om.

b. Refleksi

Berikut adalah refleksi kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan seperti dikemukakan di atas, dimana kekuatan pembelajaran terlektak pada :

  • Kegiatan pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan konten materi dalam kurikulum
  • Kegiatan pembelajaran telah diposting pada Google Class Room dengan menghadirkan video pembelajaran

Adapun kelemahan pelaksanaan pembelajaran seperti dilaksanakan di atas adalah sebagai berikut :

  • Penugasan yang dilakukan hanya pada aspek pengetahuan saja, sementara aspek keterampilan yang harus mampu anak-anak lakukan terkait sikap sembahyang, belum terlihat
  • Video pembelajaran yagn dihadirkan adalah karya orang lain, yang sesungguhnya guru dapat menghadirkan karyanya sendiri

c. Saran

Berdasarkan kelemahan dan kekuatan seperti diuraikan di atas berikut dikemukakan saran untuk menyempurnakan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut:

  • Penugasan yang relevan untuk materi di atas adalah, langsung menugaskan siswa sembahyang dan mendokumentasikan melalui foto maupun video cara sembahyang yang benar
  • Guru hendaknya membuat sendiri materi yang disampaikan, baik melalui video atau gambar

8. Mapel PJOK

a. Materi

b. Refleksi

Terkait materi yang disajikan pada Google Class Room di atas, dapat saya kemukakan beberapa kelebihannya yaitu:

  • Guru telah menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan berbasis pada bakat dan minat siswa
  • Guru telah menghadirkan pembelajaran berbasis penugasan yang mengedepankan keterampilan, sehingga kompetensi lebih bisa ditanamkan dan mengemuka

Akan tetapi beberapa aspek kelemahan sekaligus saran penyempurnaan proses pembelajaran tersebut adalah :

  • Hendaknya guru menugaskan siswa untuk mampu menjelaskan apa minat dan bakat siswa lebih lanjut
  • Hendaknya siswa ditugaskan menjelaskan tahapan permainan tersebut secara lisan maupun tulisan dalam hubungannya dengan kegiatan literasi, walaupun siswa telah menyajikannya dalam bentuk video, tetapi kemampuan siswa menyampaikan melalui bahasa lisan sebagai pengantar video pada laporannya juga penting.

C. Kesimpulan

Berdasarkan uraian refleksi kegiatan pembelajaran pada Minggu III bulan Maret Tahun 2021 dapat dideskripsikan beberapa kekuatan yang telah dilakukan kawan-kawan guru, untuk dapat dipertahankan dan dilanjutkan adalah sebagai berikut :

  1. Guru telah menghadirkan pembelajaran melalui Google Class Room
  2. Guru telah menyajikan materi sesuai dengan ruang linkup kurikulum
  3. Guru telah memberi penugasan pada siswa

Selain beberapa kelebihan di atas, penghargaan setinggi-tingginya pantas disampaikan kepada Bapak/ibu guru terkait telah

  1. Mengupayakan inovasi pembelajaran yang keseluruhan langkahnya dimuat dalam RPP mingguan, sebelum dituangkan di Google Class Room dan/atau Whatsaap Group
  2. Memberi bimbingan individual, bagi siswa yang datang ke sekolah dalam rangka mengumpulkan tugas-tugasnya, khususnya berlaku pada siswa yang terlambat mengumpulkan tugas, ketiadaan paket kuota internet dan hambatan lain yang sifatnya unik.
  3. Mengupayakan kunjungan rumah kepada siswa yang ada masalah dalam proses belajar PJJ, sehingga ditemukan beberapa masalah terkait PJJ yang telah diupayakan cara mengatasinya
  4. Mengupayakan dengan menghadirkan pembelajaran yang baik dalam hal untuk mewujudkan siswa aktif belajar di masa PJJ

Selain kelebihan diatas, secara umum berikut adalan beberapa hal yang teridentifikasi sebaga kelemahan adalah sebagai berikut.

  1. Guru masih cenderung terbelenggu dengan buku teks, yang pada dasarnya hanyalah sebuah contoh, materi atau proses pembelajaran, yang dapat disesuaikan dengan kondisi pada pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh
  2. Guru masih cenderung untuk menyelenggarakan pembelajaran yang mengedepankan kompetensi kognitif, untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan siswa saja. Cobalah beralih, melalui modifikasi pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan LKPD, uraian tugas projek dan produk, sehingga siswa memiliki kemampuan yang lebih kompleks sesuai kompetensinya. Maka siswa tidak hanya sekedar tahu, tentang sesuatu, tetapi dapat melakukan sesuatu.
  3. Guru masih menyelenggarakan pembelajaran secara terpisah, padahal konten pembelajaran dapat diupayakan untuk dihadirkan secara tematik
  4. Guru menyajikan evaluasi pembelajaran masih hanya sekedar ada soal saja, padahal proses pembelajaran tersebut dapat diupayakan melalui evaluasi yang diselenggarakan secara authentik, sehingga kemampuan siswa dalam melakukan sesuatu dapat diukur. Sehingga kalau itu dapat dilaksanakan, guru tidak terjebak pada pertanyaan jawaban singkat, pertanyaan yang dangkal, tugas penilaian akhir yang hanya mementingkan jawaban teks singkat, dan mengabaikan bahwa penilaian itu sendiri merupakan penilaian proses belajar berbasis produk belajar bukan hanya penilaian hasil belajar yang dinilai berdasarkan azas benar dan salah semata.
loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *