PETA JALAN PENDIDIKAN MENUJU TRANSFORMASI DIGITAL

Published by TeacherCreativeCorner on

Visi Pendidikan

Ada tajuk menarik yang terpampang pada sebuah banner pada suatu Group Whatsaap, terkait transformasi digital. Hemmm…Kalangan milenial mungkin tidak asing lagi dengan kata transform, karena kata itu merujuk pada sebuah judul filem Box Office Transformer. Transformer adalah sekuel filem yang mengisahkan seorang tokoh protagonisnya yang bernama Optimus Prime, Bumbelbee dan kawan-kawannya, melawan karakter jahat seperti Megatron, Decepticon dan kawan-kawannya. Kisah epic para autobot itu, sebagian besar menyajikan adegan bagaimana kawanan mobil kemudian berubah (transform) menjadi robot-robot canggih dengan persenjataan lengkap dan berperilaku humanoid.

Dalam dunia elektronika baik arus lemah maupun arus kuat, terdapat istilah transformator, yang kata dasarnya adalah transform. Fungsi alat ini adalah untuk mengubah arus listrik dengan output seperti yang kita inginkan. Jika kita menginginkan arus listrik bertegangan tinggi berubah menjadi bertengan rendah, maka alatnya disebut transformator stepdown, kemudian sebaliknya disebut step up. Alat ini lebih familliar diistilahkan dengan kata trafo.

Kemudian dalam bidang matematika kata transform juga menjadi kata dasar dari transformasi. Transformasi geometri merupakan perubahan suatu bidang geometri yang meliputi posisi, besar dan bentuknya sendiri. Jika hasil transformasi kongruen (sebangun) dengan bangunan yang ditranformasikan, maka disebut transformasi isometri. Transformasi isometri sendiri memiliki dua jenisya itu transformasi isometri langsung dan transformasi isometri berhadapan. Transformasi isometri langsung termasuk translasi dan rotasi, sedangkan transformasi isometri berhadapan termasuk refleksi. Makna pokok dari tranformasi adalah perubahan, seperti pada dua hal yang penulis maksud di atas. Sementara secara spesifik makna transformasi adalah perubahan yang menghasilkan suatu bentuk yang kongruen maupun tidak kongruen tergantung dari hasil perubahannya.

Kata transformasi juga digunakan dalam bidang lainnya seperti fisika (transfromasi galileo dan tranformasi lorentz), kimia, biologi dan bahkan saat ini disematkan pada istilah pendidikan. Tranfromasi pendidikan menurut pandangan penulis tidak dapat hanya dipandang sebagai perubahan terkait interaksi pembelajaran dimana guru yang dulunya hanya bersifat men “transfer” yang saat ini diharapkan mampu men “transform”. Atau sederhanya istilah pengajaran selanjutnya menjadi pembelajaran, yang sesungguhnya tidak hanya permainan kata-kata, tetapi memiliki dampak terhadap makna dan konsep belajar itu sendiri. Kesadaran para pendidik yang dulunya semangat mengajarnya lebih dominan, ke frase pembelajaran dimana guru lebih memberdayakan siswa dalam proses interaksi pembelajaran.

Transformasi pendidikan menurut pandangan penulis lebih ke arah bagaimana pendidikan diubah sehingga mampu menyesuaikan dengan keadaan perkembangan kekinian. Perubahan yang terjadi yang hampir menyentuh semua hal dalam kehidupan sebagai akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat harus diikuti oleh perubahan dalam bidang pendidikan itu sendiri. Perubahan yang dimaksud sudah barang tentu perubahan menuju ke arah yang lebih baik. Yang menjadi masalah selanjutnya adalah strategi apakah yang akan menjadikan perubahan itu ke arah yang lebih baik.

Beberapa strategi dalam mentransformasi pendidikan di sekolah dasar sehingga tujuan penyelenggaraan pendidikan dapat tercapai. Seperti dikemukaan dalam peta jalan pendidikan Indonesia bahwa tujuan penyelenggaraan pendidikan bermuara pada Membangun rakyat Indonesia untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang unggul, terus berkembang, sejahtera, dan berakhlak mulia dengan menumbuhkan nilai-nilai budaya Indonesia dan Pancasila. Strategi integratif yang dapat dilakukan seperti dijabarkan dalam peta jalan pendidikan Indonesia itu dalat dirangkum menjadi tiga hal penting yaitu:


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: