Sesuai judul di atas, penulis rubah sedikit, sepertinya judul ini lebih tepat. “RAHASIA MENYUSUN PIKI AMBIL 1 DAPAT 24” Wooow.  Kayak diskon di Tokopedia hehehe.  Maksdunya apa? Begini penjelasannya, langsung saja tancap!

Ketika guru merencanakan untuk naik pangkat, biasanya bagian yang paling sulit adalah ketika diwajibkan menyusun PIKI atau Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif. Seperti penjelasan penulis pada bagian sebelumnya, bahwa dengan hanya memiliki dan mampu mengembangkan satu ide saja, maka kita dapat menghasilkan produk turunan yang beragam jenis berdasarkan ide itu.

Contoh singkatnya begini.

Ketika Bu Yani memiliki ide menyelesaikan masalah pembelajaran yang sedang membelitnya terutama pada masa PJJ ini, yaitu dengan Metode Guling (Guru Keliling), maka hal pertama dan produk turunan yang dia buat adalah :

  1. Best Praktices dengan judul : Penerapan Metode Guling untuk Meningkatkan Aktivitas  Belajar Siswa di Masa PJJ Pandemi Covid~19, dengan nilai (2)
  2. Selanjutnya Bu Yani menyusun makalah, karena best practisnya tersebut akan dipresentasikan pada suatu seminar ilmiah yang berjudul : Metode Guling Mampu Tingkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan nilai kredit (2)
  3. Bu Yani kemudian memuat makalah itu pada jurnal ilmiah nasional, yang berjudul : Penerapan Metode Guling Untuk Tingkatkan Aktivitas Belajar Siswa, dengan nilai kredit  (2)
  4. Semester berikutnya By Yani mengembangkan best practices itu menjadi penelitian yang berjudul : Upaya Penerapan Metode Guling untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021 di SD…………… dengan nilai kredit (4)
  5. Dari karya PTK tersebut Bu Yani mempresentasikannya makalah PTK itu pada seminar ilmiah yang berjudul : Penerapan Metode Guling untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021…dengan nilai kredit (2)
  6. Selanjutnya memuatnya ke dalam jurnal nasional bereputasi dengan judul : Penerapan Metode Guling untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SD……………….dengan nilai kredit (3)
  7. Kemudian memuatnya di koran nasional dengan judul : Hebatnya Metode Guling untuk Meningkatkan Capain Belajar Siswa, dengan nilai kredit (1,5)
  8. Ketika proses kegiatan pembelajaran Bu Yani membuat rekaman video, dan dipublikasikan di Youtube serta diimbaskan di Kelompok Kerja Guru dengan nilai kredit (4)
  9. Bu Yani selanjutnya membuat buku terkait keberhasilannya melaksanakan Metode Guling, dengna nilai kredit (3)

Berdasarkan penjelasan singkat di atas Bu Yani telah memperoleh nilai 24,5 untuk nilai PIKI hanya dengan penerapan “METODE GULING” saja. Jadi judul di atas seharusnya menjadi : “Metode Guling Mabil 1 Dapat 24,5”