Selamat sore Bapak ibu orang tua siswa yang saya banggakan. Hampir setahun lebih pembelajaran jarak jauh telah kita selenggarakan. Hal yang membanggakan kami adalah partisipasi anak-anak SD Negeri 7 Subagan yang lumayan tinggi untuk mengikuti proses pembelajaran yang kami selenggarakan. Melalui kesempatan ini, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas peran Bapak/Ibu orang tua SD Negeri 7 Subagan yang telah bekerjasama membimbing anak-anak kita. Kami dari pihak sekolah kembali merepotkan Bapak/Ibu orang tua siswa, karena di masa Pandemi Covid-19 ini, tidak ada orang yang paling tepat kami ajak berembug terkait nasib pendidikan anak-anak kita selain Bapak/Ibu orang tua siswa. Untuk itu kami sangat mengharapkan kekompakan kita tetap terpelihara, tidak hanya bulan lalu, hari ini dan selanjutnya.

Adapun masalah-masalah yang terjadi selama proses PJJ ini kami harapkan Bapak/Ibu bersedia menyampaikannya kepada kami, sehingga kami tetap mampu berbenah agar pelaksanaan pembelajaran tetap dapat berlangsung dan mampu memberikan layanan yang baik kepada anak-anak kita. Jikalau ada kesalahpahaman dan ketidaknyamanan yang Bapak/Ibu rasakan selama proses PJJ berlangsung, kami segenap Tim Penyelenggara Pendididikan SD Negeri 7 Subagan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Selanjutnya hal penting sebagai pengingat sekaligus penekanan kepada Bapak/Ibu orang tua siswa SD Negeri 7 Subagan, terkait pelaksanaan PJJ Semester II adalah sebagai berikut :

  1. Pada bulan Mei ~ Juni 2021 akan diselenggarakan Penilaian Akhir Tahun Ajaran 2020/2021, yang tidak terjadwal seperti sebelumnya.
  2. Kegiatan penilaian yang akan menjadi dasar penilaian adalan meliputi:
  3. Kehadiran siswa mengikuti rangkaian aktivitas belajar di Google Class Room dan atau Whatsaap Group dan atau Google Meet
  4. Pemenuhan penyetoran tugas ( produk belajar, fortofolio penugasan, mengerjakan tugas/ulangan soal-soal harian baik melalui Google Form atau yang lainnya) yang dilaksanakan oleh para guru pada setiap penyajian materi
  5. Pengisian jurnal harian siswa yang ditandatangani orang tua
  6. Kesediaan Bapak/Ibu untuk mendampingi anak-anak belajar sangat kami harapkan tetap berjalan seperti biasa
  7. Bagi Bapak/Ibu yang terbatas dalam hal jaringan dan penyediaan kuota paket internet, kami sediakan alternatif layanan belajar dengan Metode Guru Berkunjung ke Rumah dan atau Metode Bimbingan Klinis (tugas di setor dan pembimbingan dilakukan di sekolah pada hari-hari tertentu, oleh siswa dan atau orang tua siswa tertentu saja).
  8. Karena penyelenggaraan Penilaian Akhir Tahun Ajaran sudah dekat maka kami harapkan ketentuan seperti dijelaskan di atas untuk segera dipenuhi, supaya tugas-tugasnya tidak menumpuk.
  9. Pelaksanaan Ujian Nasional (untuk siswa kelas VI) diganti dengan Ujian Sekolah yang pelaksanaannya kurang lebih sama dengan Penilaian Akhir Tahun Ajaran

Dukungan penuh orang tua siswa dalam proses pembelajaran di masa Pandemi Covid~19 dan pelaksanaan pembelajaran selanjutnya Pasca Pademi adalah harapan dari pemerintah dan kita bersama. Karena pendidikan yang baik itu adalah mengembalikan ranah mendidik seluas-luasnya kepada peran orang tua yang paling tahu karakter anaknya dibawah panduan dan bimbingan guru-guru di sekolah. Tanpa peran serta Bapak/Ibu orang tua siswa kami sungguh kebingungan dalam menyelenggarakan pendidikan di masa ini, sehingga sekali lagi kami memohon dengan sangat agar kekompakan kita sebagai sesama orang tua (di rumah dan di sekolah) dalam tetap menjaga agar pendidikan anak-anak kita dapat memperolah layanan pendidikan yang baik walaupun di masa-masa yang sulit ini.

Kami sadar kita semua dalam kondisi sangat kesulitan, tapi sekali lagi, ini demi anak-anak kita, mari berinvestasi (menabung) untuk masa depan anak-anak kita. Kita bekerja dan berpenghasilan sebesar apapun hari ini, kalau melupakan tabungan masa depan kepada anak-anak kita maka pekerjaan kita sia-sia. Sukses anak-anak kita di masa depan bukan karena seberapa besar uang yang kita tabung setiap hari, tetapi seberapa besar kita telah menyisihkan waktu memperhatikan anak-anak kita setiap harinya.

Demikian kami sampaikan agar mendapat perhatian kita bersama. Maafkan jika ada salah kata. Terimakasih.

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *