DIMANAKAH LETAK KEPUASAN KITA BEKERJA? (Supervisi Pembelajaran Berbasis Google Class Room belajar.id)

Published by TeacherCreativeCorner on

Masukan Penulis

Kalau berkenan, Saya sempurnakan dan tambahkan pertanyaan seperti di bawah ini:

Coba sekarang nyanyikan salah satu lagu di atas, ketuklah meja yang ada di depan kalian, berkolaborasi dengan adik, kakak atau orang tua kalian, ketukannya supaya berirama sesuai lagunya, ada keras dan lemahnya !

Adapun kegiatan proses belajar-mengajar yang penulis pantau di atas adalah bersumber dari deskripsi pelaksanaan pembelajaran pada Google Class Room, yang dimuat dan diupdate guru setiap harinya. Masukan di atas diberikan dalam rangka pelaksanaan tugas penulis sebagai kepala sekolah untuk tetap menjaga agar guru tetap nyaman dalam melaksanakan tugasnya.

Kenapa di supervisi bisa menyebabkan nyaman? Apakah dengan disupervisi guru justru akan merasa tidak nyaman? Keadaan itu perlu dijelaskan berdasarkan persepktif berikut. Seperti di sampaikan pada bagian awal tulisan ini, bahwa kepuasan seseorang dalam bekerja terletak dari sejauhmana pekerjaan itu dinikmati, dikerjakan dan dilaksanakan dengan penuh loyalitas. Sekalilagi loyalitas yang dimaksud adalah loyalitas pada pekerjaanya, bukan semata-mata pada atasannya.

Dengan serius dan loyal pada pekerjaannya maka seseorang yang menggeluti suatu pekerjaan akan selalu memiliki rencana, pelaksanaan pekerjaan dengan tetap melakukan pemantauan secara seksama terkait kepastian bahwa rencana yang ditetapkan telah terlaksana. Kegiatan selanjutnya adalah upaya mengatahui hasil dan perbaikan pelaksanaan yang mungkin terjadi kesalahan atau kekeliruan yang dilakukan secara berkelanjutan sehingga hasilnya dapat maksimal. Apabila hasil yang dicapai telah selaras dengan tujuan yang ditetapkan, maka disanalah terasa nikmatnya. Ibarat kita mendaki menuju puncak gunung, rasa lelah dan payah selama proses pendakian tidak akan terasa ketika melihat pemandangan yang indah terpampang luas di hadapan kita.

Untuk memuaskan guru sebagai penyelenggara pendidikan terdepan maka kepala sekolah berkewajiban memastikan para guru mencapai puncak tugasnya, yaitu berhasil dalam menyelengarakan pembelajaran. Sebagai kepala sekolah penulis mengupayakan hal itu dalam bentuk supervisi melekat secara mingguan. Selain untuk memastikan siswa tetap mendapatkan layanan pembelajaran dari guru, tetapi untuk menguatkan loyalitas guru pada pekerjaannya dan bagi kepentingan penulis sebagai kepala sekolah dalam menguatkan prinsip diri untuk loyal terharap pekerjaan dan profesi. Salam


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: