SUPERVISI PERANCANGAN METODE TEKNOLOGI TEPAT GUNA DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Published by TeacherCreativeCorner on

Penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajarn tidak dapat terelakkan lagi, apalagi pada masa Pandemi Covid-19 ini. Pembelajaran jarak jauh yang sebelumnya seperti tidak pernah terpikirkan akan terjadi, ternyata kita lakukan hari ini. Guru-guru dalam pembelajaran jarak jauh tetap dituntut untuk mampu menghadirkan proses belajar yang bermakna yang selalu berorientasi proses. Maka kehadiran teknologi dalam hal ini sangat dibutuhkan.

Teknologi dalam kaitannya untuk membantu proses pembelajaran dapat berperan sebagai media pembelajaran, sumber belajar atau menjadi andalan dalam membantu guru untuk menemukan strategi terbaik dalam melaksanakan pembelajaran. Upaya berinovasi melalui strategi terbaru dalam pelaksanaan pembelajaran yang nyata-nyata dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas pembelajaran sangat diperlukan.  Ide terkait strategi baru dalam berinovasi dengan memanfaatkan teknologi merupakan salah satu pilihan untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas. Wujud strategi tersebut disitilahkan dengan metode tepat guna dalam menignkatkan aktivitas dan kreativitas pembelajaran.

Dalam rangka membantu niat guru dalam meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan teknologi sehingga proses belajar semakin aktif dan kreatif maka beberapa guru di sekolah kami telah mencoba untuk berinovasi. Salah satu media yang digunakan adalah video pembelajaran, yang disusun seedemikian rupa, dan diunggah di youtube chanel. Manfaat kegiatan ini, selain guru dapat menyampaikan materi dengan tepat, guru juga berkesempatan untuk belajar menyesuaikan pembelajaran yang selama ini selalu dilaksanakan dengan tatap muka, beralih ke pembelajaran virtual. Sehingga aktivitas ini akan semakin mematangkan kepekaan guru dalam merancang pembelajaran di era baru ini.

Selain untuk menyesuaikan, guru juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuannnya dalam penggunaan teknologi yang memang sudah wajib dikuasai di era digital ini. Secara tidak langsung guru akan mengenal dan menggunakan berbagai aplikasi pendukung dalam penyusunan langkah-langkah pembelajaran berbasis metode terbaru tersebut. Berdasarkan kesepakatan model atau metode ini selanjutnya disebut dengan “Metode Pembelajaran Tematik  Berbasis Video Youtube”

Peran kepala sekolah dalam hal ini adalah sebagai fasilitator, pembimbing dan pendampingan secara melekat membantu guru tahap demi tahap memberikan jalan dalam menyempurnakan karyanya. Bukan berarti kepala sekolah menjadi pihak yang selalu mengontrol saat pelaksanaan kegiatan, tetapi memberikan cara pandang yang lain terutama dari beberapa aspek yang mungkin terlupakan oleh guru tersebut. Pada pelaksanaan pengambilan gambar, penyusunan, editing dan layout beberapa hal yang perlu mandapat masukan terkait video dimaksud, guru dapat meminta bantuan guru lain dalam menyempurnakan karyanya selain kepala sekolah itu sendiri.

Salah satu contoh tampilan video yang masin dalam tahapn editing berikut, adalah karya salah seorang guru di SD Negeri 7 Subagan ( Ni Luh Sudiarsih, Guru Kelas III) yang membelajarkan materi tematik yang memuat muatan IPA, Matematika dan PKn. Seperti video di bawah ini:

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: