AKM MENUJU PROFIL PELAJAR PANCASILA

Published by TeacherCreativeCorner on

Assemen Nasional merupakan kebijakan pemerintah terbaru dalam mengatasi ketertinggalan Indonesia dalam bidang pendidikan dari negara lain, Dimana Skor VISA Indonesia terus stagnan dalam kurun waktu 10 -15 tahun terakhir. Kemampuan membaca anak-anak Indonesia pada tahun 2018 teridentifikasi ssebanyak 70% masih berada di bawah standar minimum, demikian pula kemampuan numerik, pada tahun 2018, 71% anak-anak Indonesia berada di bawah standar minimum.

Salah satu langkah strategis dalam mengatasi masalah ini adalah pemberlakukan Assasemen Nasional berbasis Assesemen Kompetensi Minumum, Survey Karakter dan Survey Lingkungan. Pemberlakukan kebijakakn ini pada tahun 2021 bertujuan untuk membentuk anak-anak Indonesia yang memilik kesiapan untuk menghadapi persaingan hidup sehingga harus memiliki skill yang mencerminkan keterampilan Abad 21, meliputi :

  1. Kecakapan untuk belajar dan berinovasi
  2. Kecakapan menggunakan teknologi informasi
  3. Kecakapan hidup untuk bekerjasama dan berkontribusi kepada masyarakat

Keterampilan Abad 21

Rujukan alternatif dalam pencapaian karakter bagi siswa Indonesia adalah misi untuk mewujudkan generasi muda yang memiliki Profil Pelajar Pancasila yang memuat beberapa hal yaitu :

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: