Assemen Nasional merupakan kebijakan pemerintah terbaru dalam mengatasi ketertinggalan Indonesia dalam bidang pendidikan dari negara lain, Dimana Skor VISA Indonesia terus stagnan dalam kurun waktu 10 -15 tahun terakhir. Kemampuan membaca anak-anak Indonesia pada tahun 2018 teridentifikasi ssebanyak 70% masih berada di bawah standar minimum, demikian pula kemampuan numerik, pada tahun 2018, 71% anak-anak Indonesia berada di bawah standar minimum.

Salah satu langkah strategis dalam mengatasi masalah ini adalah pemberlakukan Assasemen Nasional berbasis Assesemen Kompetensi Minumum, Survey Karakter dan Survey Lingkungan. Pemberlakukan kebijakakn ini pada tahun 2021 bertujuan untuk membentuk anak-anak Indonesia yang memilik kesiapan untuk menghadapi persaingan hidup sehingga harus memiliki skill yang mencerminkan keterampilan Abad 21, meliputi :

  1. Kecakapan untuk belajar dan berinovasi
  2. Kecakapan menggunakan teknologi informasi
  3. Kecakapan hidup untuk bekerjasama dan berkontribusi kepada masyarakat

Keterampilan Abad 21

Rujukan alternatif dalam pencapaian karakter bagi siswa Indonesia adalah misi untuk mewujudkan generasi muda yang memiliki Profil Pelajar Pancasila yang memuat beberapa hal yaitu :

  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
  2. Berkebhinekaan global
  3. Mandiri
  4. Bernalar kritis
  5. Kreatif
  6. Gotong royong

Profil Pelajar Pancasila

Fokus pengembangan Profil Pelajar Pancasila pada siswa akan berdampak kepada bagaimana siswa mampu belajar berdasarkan pengalaman yang dapat memahami dan mendalami konsep serta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan nyata berlandaskan karakter yang mampu diterima zaman yang berkebinekaan global.

Kemampuan dan hasil belajar yang holistik inilah yang hendak diukur oleh kebijakan Assesemen Nasional. Kemampuan siswa yang menyeluruh dalam penguasaan  pemahaman konsep yang mendalam, keterampilan meengimplementasikannya dalam kehidupan nyata yang tetap mengedepankan sikap posotif sesuai Profil Pelajar Pancasila. Keterkaitan Profil Pelajar Pancasila dan Keterampilan Abad 21 dalam penerjemahannya dalam Assesemen Nasional dapat di lihat seperti bagan di bawah ini:

Keterkaitan Profil Pelajar Pancasila dengan Keterampilan Abad 21

 

 

loading...
Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *