LAPORAN MINGGU XVII | 16 ~ 21 November 2020 | Hari 84~ 89

Mengembangkan kreatifitas siswa tidak terlepas dari upaya bagaimana sekolah terus berupaya mendorong guru, siswa dan orang tua untuk selalu berkreatifitas. Pada konteks merdeka belajar  bukan hanya siswa yang harus kreatif, guru dan orang tua juga harus menjadi tauladan dalam memberi contoh anak didiknya menjadi kreatif. Kolaborasi tiga pihak tersebut, menurut pengalaman telah berdampak kepada motivasi siswa untuk berkreatifitas dapat meningkat. Situasi itu telah berdampak pada kreatifitas siswa dalam membuat produk atas pembelajaran berbasis projek dengan model pendekatan pendidikan berdifrensiasi yang di laksanakan di sekolah kami.

Berdasarkan pengalaman itu, kami kembali termotivasi untuk melanjutkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model tersebut, dengan harapan motivasi untuk berkreatifitas pada siswa tetap meningkat secara bekelanjutan. Format kegiatan pembelajaran saat ini disinkrunkan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Guru ke-75, dan Hari Guru Nasional Tahun 2020. Melalui kegiatan ini, selain siswa, orang tua dan guru dapat berkreatifitas, juga merupakan bentuk kegiatan untuk mengapresiasi profesi guru. Sehingga konten produk belajar yang dihasilkan adalah terkait dengan upaya membiasakan siswa, orang tua dan guru untuk mengapresiasi guru-guru mereka, karena mereka menjadi seperti sekarang berkat jasa para guru.

PeringatanHaru Guru Nasional Tahun 2020 tersebut merupakan momen penting bagi segenap lapisan masyarakat khususnya yang berkecimpung pada bidang pendidikan untuk sama-sama beranjak dari situasi nyaman, yang direfleksikan tidak sesuai lagi dengan kondisi saat ini. Perubahan merupakan sesuatu yang konstan terjadi, maka hakekat diri untuk konsisten menjaga dan mengikuti alur perubahan yang konstruktif merupakan sikap yang relevan saat ini. Melalui Peringatan hari Ulang Tahun PGRI ke-75, dan Hari Guru Nasional Tahun 2020, kita wujudkan Kreatifitas Siswa Berkecakapan Hidup Abad 21 Melalui dedikasi Guru  dan Orang Tua Menyelenggarakan Merdeka Belajar.

Sebagai gambaran pelaksanaan kegiatan dimaksud di SD Negeri 7 Subagan berikut adalah Rencana Kerja Kepala Sekolah SD Negeri 7 Subagan pada Minggu XVIII, berikut disertakan juga Jurnal Kepala Sekolah Minggu ke XVII seperti tabel di bawah ini :

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *