LAPORAN MINGGU XVI| 09 ~ 14 November 2020 | Hari 78 ~ 83

Sebagai pengantar Laporan Pembelajaran Mingggu ke XVI, 09 ~ 14 November 2020 tepatnya menginjak pada hari ke 78 sampai 83 semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 seperti pelaporan akan dikemukakan bagaimana sebuah upaya terencana bersiklus dan konsisten telah memperoleh hasil yang menggembirakan, walaupun hanya dalam konteks “sudah terlaksana”.  Setidaknya bagi penulis sendiri yang mengetengahkan program pembelajaran bagi siswa pada Masa Pandemi Covid~19, telah merasakan manfaatnya baik bagi pengembangan kompetensi siswa, kompetensi guru bersama-sama orang tua dalam membelajarkan dan mendampingi siswa dalam belajar.

Beberapa capaian guru dalam rangka pelaksananaan Pembelajaran Jarak Jauh secara pelan namun pasti  telah dirasakan guru itu sendiri. Walaupun tidak ada kajian khusus terkait dengan hal ini, tetapi melihat aktifitas guru yang semakin beragam mengindikasikan bahwa pendidikan berdifrensiasi bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Beberapa aktifitas beragam dari guru dalam rangka mengoptimalkan pelayanan terhadap beragamnya kebutuhan guru telah dimulai dari perbedaan kebutuhan platform pembelajaran.

Beberapa platform, pembelajaran yang telah diupayakan guru secara tertatih-tatih di tengah keterbatasan motivasi, kompetensi, sarana dan prasarana adalah sebagai berikut :

  1. Terlaksanannya PJJ dengan menggunakan aplikasi  Google Class Room dimana kepala sekolah selalu hadir mendampingi guru baik dalam rangka pembinaan, pendampingan dan supervisi
  2. Terlaksananya PJJ dengan menggunakan aplikasi Whatsaap Group dimana kepala sekolah selalu memberikan dorongan kepada para guru, siswa dan orang tua untuk tetap belajar dan berkeatifitas
  3. Terlaksanannya PJJ yang bervariasi menggunakan aplikasi Zoom Meeting, walaupun tidak dapat menjangkau semua siswa tetapi telah mengobati kerinduan siswa dan guru untuk berinteraksi secara sinkronous
  4. Terlakanannya PJJ yang bervariasi menggunakan aplikasi Quisis yang meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui quis quis yang menyenangkan dan menantang
  5. Terlaksanannya Program Kunjungan Rumah untuk meminimalisisr kesenjangan pemahaman konsep mendasar pada siswa dengan kondisi khusus, yang tidak memungkinkan mereka melakukan aktivitas belajar lainnya
  6. Terlaksanannya Program Penerapan Project Base Learning dengan lahirnya produk-produk belajar siswa yang beraneka ragam utamnya dan lebih banyak video Youtube
  7. Terlaksananya Program Pengembangan Karakter melalui PJJ di Masa Pandemi Covid~19 melalui pembuatan RPP berkarakter ala Covid~19, keterlibatan orang tua, utamanya dalam pengembangan kecakapan hidup siswa
  8. Terlaksananya Program Peningkatan Keterampilan Guru dalam melaksanakan PJJ melalui Supervisi Individual maupun kelompok berbasis Google Class Room dan Whatsaap Group
  9. Terlaksanannya Program Parenting Educations yang melibatkan orang tua siswa dalam pendampingan anak belajar, pembentukan karakter dan kecakapan hidup yang dikoordinasikan melalui Whatsaap Group
  10. Terlaksananya Peningkatan Motivasi Guru dalam berkreatifitas dan berinovasi melalui pembuatan Video Tutorial, Pembelajaran yang tidak hanya semata-mata dalam pembelajaran konten tetapi terkait dengan pengembangan kecakapan hidup.

Sebagai gambaran produk autehntik yang menggambarkan keberhasilan walaupun hanya sebatas dalam konteks pelaksanaan dapat dilihat pada postingan di bawah ini atau silahkan berkunjung ke postingan halaman sebelumnya.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *