LAPORAN MINGGU XIII | 19 ~ 24 Oktober 2020 | Hari 63 ~ 68

Published by TeacherCreativeCorner on

Karakteristik siswa yang beragam pada masa pelaksanaan PJJ saat ini memerlukan pendekatan pelaksanaan pembelajaran yang berbeda, yang menyesuaikan dengan kondisi dan karakteristik peserta didik secara lebih inklusif. Strategi yang ditempuh untuk lebih memahami karakteristik siswa dan keluarganya dilakukan dengan assesmen diagnosis kepada siswa di awal minggu PJJ ke XIII. Beberapa karakteristik siswa secara umum teridentifikasi sebagai berikut :

  1. Siswa dengan karakteristik kepemilikan sarana untuk PJJ yang lengkap seperti laptop, HP, paket data, cakupan area jaringan seluler dan kesediaan pendampingan orang tua, dengan tingkat partisipasi yang tinggi dalam pembelajaran
  2. Siswa dengan karakteristik kepemilikan saarna PJJ  HP, paket data, cakupan area jaringan seluler dan kesediaan pendampingan orang tua, dengan partisipasi yang tinggi dalam pembelajaran
  3. Siswa dengan karakteristik kepemilikan sarana PJJ HP, paket data, cakupan area jaringan seluluer, dengan partisipasi yang tinggi dalam pembelajaran
  4. Siswa dengan karakteristik kepemilikan sarana PJJ HP berbagi bersama keluarga lainnya, paket data dan cakupan area jaringan seluler dengan partisipasi yang tinggi dalam pembelajaran
  5. Siswa dengan karakteristik kepemilikan sarana PJJ HP berbagi bersama keluarga lainnya, paket data dan cakupan area jaringan dengan intensitas partisipasi siswa yang rendah dalam pembelajaran

Berdasarkan data di atas beberapa alternatif tindakan yang sudah dan sedang diupayakan adalah sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan pembelajaran dengan strategi Full Daring baik sinkronous melalui Google Meet maupun asinkronous melalui Google Class Room , Whatsaap dan Quisis (untuk Quisis sedang dalam proses penrencanaan dan akan dilaksnakanan pada PJJ Minggu XIII untuk semua kelas kecuali kelas I)
  2. Pelaksanaan pembelajaran dengan strategi Daring asincronous dengan Google Class Room dan Whatsaap (sasaran siswa kelas II, III, IV, V dan VI)
  3. Pelaksanaan pembelajaran dengan strategi Daring asinkronous dengan Whatsaap (dilaksanakan kepada beberapa siswa dengan kondisi tertentu)
  4. Pelaksanaan pembelajaran dengan strategi Blended Learning (campuran) antara Google Class Room, Whatsaap, dan penyetoran tugas mingguan ke sekolah (hampir semua siswa melaksanakannya)
  5. Pelaksanaan pembelajaran dengan strategi Blended Learning (campuran) antara Google Class Room dengan Kunjungan Rumah (dilaksanakan untuk siswa dengna kondisi tertentu)

Layanan dan variasi belajar siswa ygn diseleneggarakan guru meliputi :

  1. Full Daring interaktif dengan Google Meet, Google Class Room, Quisis, Google Form dan Whatsaap (sedang dirancang guru seperti termuat dalam RPP, dan dan akan dilaksanakan pada proses belajar Minggu XIII, untuk kelas II, III, IV, V dan VI
  2. Daring dengan Google Class Room, Google Form untuk semua kelas
  3. Menerima tugas mingguan untuk semua kelas
  4. Kunjungan rummah untuk semua kelas (beberapa guru sedang merencanakan untuk pelaksnaannya pada Minggu XIII)

Berikut adalah Laporan PJJ Minggu XIII,  Rencana Kerja Kepala Sekolah Minggu XIII dan RPP Guru seperti termuat di bawah ini:

 

 

 

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: