LAPORAN MINGGU X & PRODUK KARYA SISWA JURNAL

Pelaksanaan pembelajaran di masa Pandemi Covid ~ 19 dengan diterapkanya kurikulum darurat, talah memberi percepatan proses inovasi-inovasi kalangan pendidik di dunia pendidikan untuk mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Ketiadaan proses belajar tatap muka telah berdampak kepada aksi perampingan penyederhanaan kurikulum yang hanya memuat standar kompetensi esensial.

Tidak hanya itu, kurikulum darurat ini memiliki karakteristik khas layaknya pembelajaran jarak jauh atau PJJ. Pelaksanaan proses belajar jarak jauh dilaksanakan baik secara daring maupun luring. Secara daring menggunakan aplikasi layanan berbasis  internet seperti LMS Google Class Room,  ZOOM, Webex dan yang lainnya,  dimana siswa dapat berinteraksi dengan pengajar baik secara sinkorn maupun asinkorn.  Sedangkan secara luring dengan menggunakan layanan TV, LKS, Modul belajar, Guru Kunjung, Radio dan yang lainnya.

Sistem penilaian yang diharapkan dapat diterapkan pada kegiatan PJJ adalah dengan tetap memperhatikan aspek psikososial siswa dan orang tua, dimana seharusnya setiap pembelajaran yang diselenggarakan menggunakan assesment diagnostik untuk mengetahui kesiapan psikologis siswa dalam mengikuti proses belajar. Penilaian formatif berupa assesement diagnostik kognotif dan non kognitif, dan aseesemen berkala. Sumatif dilaksanakan pada akhir pembelajaran yang memuat suatu kompetensi.

Penilaian akhir dapat dilaksanakan dengan berbagai cara seperti salah satunya dengan penilaian proyek, selain tes tertulis, fortofolio, penilaian diri dan antar teman. Berikut adalah bentuk penilaian proyek yang dilakansakan selama libur Galungan dan Kuningan yang produknya seperti gambar di bawah ini :

PRODUK PENILAIAN BERBASIS PROYEK

 

 JURNAL DAN RENCANA KERJA KEPSEK

 

RPP PJOK KELAS II

RPP PJOK KELAS III

RPP PJOK KELAS I

RPP KELAS IV

RPP PJOK KELAS IV

RPP PJOK KELAS V

RPP PJOK KELAS V

RPP PJOK KELAS VI

RPP KELAS VI

RPP PJOK KELAS I

RPP PJOK KELAS IV

RPP KELAS II

RPP KELAS I

RPP KELAS III

JURNAL KELAS I

 

JURNAL KELAS V

JURNAL KELAS VI

 

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *