STRATEGI SUPERVISI PEMBELAJARAN GELAR  (GOOGLE-CLASS-ROOM) UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER ABAD 21  SISWA DI SD NEGERI 7 SUBAGAN

Oleh

I Wayan Putra, S.Pd.SD.,M.Pd

Latar Belakang

Era Abad 21 mengharuskan kita senantiasa menyesuakan diri, terhadap lingkungan dinamis dengan karakteristik perubahan yang sangat cepat (Volatility), menentu (Uncertainty), beragam (Complexity), dan tidak jelas (Ambiguity), disebut dengan “VUCA  (Budiharto, Sus. dkk,  2019). Atas dasar itu sekolah sebagai lembaga pendidikan dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah keterampilan berpikir kreatif, berkomunikasi, dan berkolaborasi atau yang biasa disebut dengan 4C (Septikasari, dkk, 2018)

Tantangan masa depan berupa perubahan yang cepat, tidak pasti, kompleks dan membingungkan seperti fakta Pandemi Covid~19 sehingga kita belajar, dan beribadah dari rumah.  Pengembangan karakter harus tetap diupayakan di tengah situasi Pandemi Covid~19 ini. Hal ini harus diupayakan secara berkelanjutan karena karakter harus mendominasi pendidikan dasar, untuk tingkat SD pendidikan karakter dan budi pekerti itu proporsinya 70 persen, (Effendy, 2016). Atas dasar itu maka  visi SD Negeri 7 Subagan adalah Terwujudnya siswa religius, berintegritas yang kritis, kreatif, kolaboratif, komunikati”. Untuk mewujudkannya maka dilaksanakan “Strategi Supervisi Pembelajaran GELAR Untuk Mengembangkan Karakter Abad 21 Siswa di SD Negeri 7 Subagan”

Gelar

Langkah-langkah Supervisi PJJ GELAR

  1. Penyusunan Rencana Kerja Kepala Sekolah
  2. RPP disusun mingguan
  3. Memuat materi RPP di GELAR
  4. Kegiatan Awal (00 ~ 08.00 Wita), bangun pagi, mandi, membersihkan tempat tidur, membantu kegiatan di rumah, sarapan, berdoa, masuk ke GELAR, mengisi presensi
  5. Kegiatan Inti (08.00 ~ 11.30) Mempelajarai materi,, membuat pertanyaan, berdiskusi, Mengerjakan tugas, beristirahat
  6. Kegiatan Akhir (30 ~ 14.00) refleksi, literasi, mengisi jurnal harian, berdoa mengakhiri pelajaran, Istirahat
  7. Kepala sekolah diundang untuk memantau, guru mapel pengisi materi
  8. Kegiatan evaluasi

Bagan Kerangka Berpikir

Metode Pelaksanaan

SOP

Subjek kegiatan: 76 orang siswa, orang tua siswa 53 orang dan 8  guru

Kisi-kisi Angket

Ketuntasan capaian program jika subjek, item elemen karakter 4C  yang diukur  secara akumulatif telah mencapai katagori baik dengan ketuntasan minimal 80%

Tabel Rekap Capaian

Berdasarkan data hasil angkat dan perhitungan capaian pendapat siswa, guru dan orang tua adalah

Grafik Capaian

Kesimpulan

Capaian pengembangan karakter kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif dan integritas. strategi yang sementara ini diupayakan telah menghasilkan rata-rata capaian sebesar 78,55% dengan katagori baik dan ketuntasan 96,23% dengan katagori tuntas. Kecenderungan data menunjukkan capaian karakter integritas lebih baik dari capaian karakter kolaboratif, kritis, kreatif, sementara karakter komunikatif menempati capaian paling rendah. Maka dari itu diirekomenasikan  kepada kepada guru di SDN 7 Subagan untuk melanjutkan pelaksanaan program ini Kepada sekolah lain yang berminat melaksanakannya dapat mencontoh kegiatan ini.

Referensi

Budiharto, Sus. dkk. 2019. Membangun Konsep Organisasi Autentik, Kajian Meta-Etnografi. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia,  https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/download/43267/pdf, (tanggal akses: 23 September 2020)

Effendy, Muhadjir. 2016. Pendidikan Karakter Harus Dominasi Pendidikan Dasar, https://tirto.id/pendidikan-karakter-harus-dominasi-pendidikan-dasar-bC84 (Tanggal akses 23 September 2020)

Septikasari, Resti. 2018. Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Sumatera Selatan:  STKIP Nurul Huda https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/download/1597/1196  (tanggal akses 24 September 2020)

LAPORAN LENGKAP

LAPORAN HASIL BEST PRACTICES SDN 7 SUBAGAN

 

DOKUMENTASI LAPORAN BEST PRACTICES

Dokumentasi Best Practice SD Ngeri 7 Subagan Minggu I ~ VIII

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *