LAPORAN HASIL BEST PRACTICES SDN 7 SUBAGAN

STRATEGI SUPERVISI PEMBELAJARAN GELAR UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER ABAD 21  SISWA DI SD NEGERI 7 SUBAGAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Oleh I Wayan Putra, S.Pd.SD.,M.Pd

ABSTRAK

Peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran diwujudkan dengan  “Strategi Supervisi Pembelajaran GELAR Untuk Mengembangkan Karakter Abad 21 Siswa di SD Negeri 7 Subagan Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021” telah berhasil mengatasi masalah dalam penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh. Subjek kegiatan ini adalah siswa (76 orang), orang tua siswa (58 orang)  dan guru (8 orang)  dengan melaksanakan tindakan Supervisi Gelar yang data hasil tindakannya diambil dengan menggunakan lembar angket. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan Pelaksanaan Strategi Supervisi Pembelajaran GELAR dapat Mengembangkan Karakter Abad 21 Siswa di SD Negeri 7 Subagan Semester I Tahun Pelajaran 2020/202 dengan capaian baik. Hasil analisis menunjukkan pandangan orang tua siswa dan guru sependapat dengan pendapat siswa terkait hasil pelaksanaan supervisi GELAR terhadap capaian karakter kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif dan integritas. Strategi yang diupayakan telah menghasilkan rata-rata capaian sebesar 78,55% dengan katagori baik dan ketuntasan 96,23% dengan katagori tuntas. Kecenderungan data menunjukkan capaian karakter integritas lebih baik dari capaian karakter kolaboratif, kritis, kreatif, sementara karakter komunikatif menempati capaian paling rendah.

Kata Kunci : strategi supervisi GELAR, karakter abad 21.

LAPORAN LENGKAP

DOKUMENTASI BEST PRACTICE

Dokumentasi Best Practice SD Ngeri 7 Subagan Minggu I ~ VIII

 

ARTIKEL LOMBA

STRATEGI SUPERVISI PEMBELAJARAN GELAR  (GOOGLE-CLASS-ROOM) UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER ABAD 21  SISWA DI SD NEGERI 7 SUBAGAN

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *