Tutorial Teknik Penyusunan Laporan Best Practices

Best Practices di dunia pendidikan merupakan segala upaya yang dilaksanakan dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran dan pengembangan budaya sekolah yang bertujuan untuk menciptakan siswa yang kritis, kreatif dan inovatif, mampu berkomunikasi dalam ruang lingkup kerjasama yang besifat kolaboratif di sekolah dan lingkungannya. Program best practices ini dapat dilakukan oleh kalangan guru, tenaga kependidikan dan kepala sekolah. Dalam rangka menjamin tingkat mutu kegiatan pelaksanaan best practices maka terdapat ketentuan baik kerangka konsep dan sistematika penyajian laporan best practices. Best Practices yang bermutu tidak cukup hanya dilakukan secara baik dan bermakna bagi siswa, tetapi sangat ditunjang oleh proses penyajian dalam rangka publikasi karya.

Bagi kalangan siswa, orang tua dan masyarakat serta pihak lain yang berkepentingan dengan mutu pendidikan sudah barang tentu mutu konten kegiatan praktik baik tersebut dapat dirasakan dan bermanfaat dalam rangka mewujudkan mutu pembelajaran dan pengambangan budaya sekolah yang berorientasi kepada siswa yang kritis, kreatif dan inovatif, kolaboratif dan komunikatif.  Sementara bagi kalangan praktisi pendidikan yang memiliki kepentingan dengan mutu pendidikan dari sisi guru. Guru yang dimaksud adalah guru yang harus berkompeten dari sisi keperibadian, sosial, profesional dan pedagogi baik dari sisi mutu kelembagaan, dampak outcome dan outputnya yang dapat menunjang proses pembelajaran dan pengambangan  budaya sekolah sekaligus mutu tenaga kependidikan yang ditandai dengan pengembangan karirnya.

Pengembangan karir guru melalui kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan menempatkan produk hasil karya best practices sebagai output proses penyelenggaraan pembelajaran dan pengembangan mutu dan budaya sekolah yang berkelanjutan. Khusu untuk kualitas output produk PKB ini harus menyesuaikan dengan kaidah dan standar penulisan ilmiah yang APIK (Asli, Perlu, Ilmiah dan Konsisten). Ketentuan tentang syarat APIK yang harus dipenuhi sesuai dengan paduan yang telah di tetapkan. Ketentuan inilah yang akan menentukan jaminan bahwa baik dari sisi manfaat dan mutu produk hasil proses kegiatan pembelajaran dan pengembangan mutu dan budaya sekolah secara outcome dapat dihasilkan.

Terkait dengan hal tersebut maka diperlukan panduan dalam ikut menjaga agar produk hasil outcome yang menghasilkan output tersebut  tetap memenuhi standar mutu. Maka dari itu berikut disajikan panduan teknis daam rangka mewujudkan hal tersebut seperti video tutorial di bawah ini:

 Tutorial Microsoft Word untuk Penyusunan Kerangkan Best Practices

Tutorial Microsoft Excel dalam Penyusunan Instrumen Best Practices Part I

Tutorrial Microsoft Excel dalam Penyusunan Instrumen Best Practices Part II

Dengan tidak bermaksud menyombongkan diri, tutorial tersebut di buat dalam rangka membantu kawan-kawan guru maupun kepala sekolah dalam rangka menyusun laporan kegiatan best practicesnya sehingga dapat dipublikasikan secara baik. Melalui pelaporan yang baik maka proses mengkomunikasikan praktik baik tersebut dapat dilakukan sehingga dapat mengispirasi guru maupun kepala sekolah lainnya dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan.

This entry was posted in Artikel, Pembelajaran, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *