Bangkit dengan Semangat Baru di Tahun Pelajaran Baru 2020/2021

Tahun pelajaran baru adalah tahun pelajaran yang  ditunggu-tunggu siswa TK yang akan melanjutkan ke SD, siswa SD yang akan menemui teman-teman barunya di SMP, siswa SMP yang akan merasakan duduk di bangku SMA. Akan tetapi tahun pelajaran ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Siswa TK yang setiap pagi memanggul tas di punggung dilepas lambaian tangan ibunya di gerbang sekolah sekarang ini hanya kenangan. Sibuknya orang tua bangunkan anak untuk segera bersiap diri berangkat kesekolah, tidak jarang sampai berbonceng dua sampai tiga, sekarang entah kemana pemandangan itu. Kumpulan anak-anak SMP dan SMA menunggu temannya di pojok jalan untuk berangkat beriringan menuju sekolah, sekarang sepi di tengah sepinya lalulintas jalan. Pak polisi yang sibuk menyeberangkan anak-anaknya di tengah ramainya lalu lintas jalan di mana para orang tua berkerumun menjemput anaknya, sekarang hanya sebuah bayangan masa lalu. Sibuknya guru menyapa siswa setiap pagi tidak pernah terlihat lagi. Sibuknya guru mempersiapkan sarana sekolah hingga pakaian siswa sekarang sepi. Sekolah menjadi bangunan sepi tanpa penghuni. Sesekali tukang kebun dan guru piket selintas pandang menyapu. Becengkrama dengan bangku-bangku kosong dan onggokan buku-buku lusuh yang jarang di sentuh. Perpustakaan dan kantin yang dulunya ramai sekarang lengang.

Belajar Bersama Mama Papa

 

Guruku Tersayang

Itulah pemandangan menjelang tahun ajaran baru saat ini. Kita tidak pernah membayangkan sedikitpun, tentang peristiwa ini walau dalam mimpi. Tidak jua Badan Meteorologi dan Geofisika yang merupakan lembaga formal dengan metodologi pengkajian paling canggih hingga para paranormal tidak pernah memiliki cuitan tentang perinstiwa ini. Kalau memandang lebih luas lagi, negara-negara maju dengan teknologi paling mutakhirpun belum pernah terdengar meramalkan akan mengalami keterpurukan ini. Amerika dengan segudang ilmuwan, Rusia, China dan lain-lain kini teronggok kaku termenung kehabisan akal untuk mengendalikan situasi ini. Vaksin yang dijanjikan juga tidak kunjung tiba. Filem-filem berbau bencana dengan tema pandemi yang kita saksikan, kita pikirkan hanya sebagai sebuah fiksi semata, tapi akhirnya menjadi fakta. Entah kapan keadaan ini berakhir.

Program TVRI Hari Pertama

Ya sudahlah, tiada guna kita meratap, sebagai manusia yang memiliki akal, mari kita bangkit. Bangkit untuk meraih impian yang sedang dilambatkan, dan hendaknya jangan di tunda-tunda. Tahun pelajaran baru adalah momen penting kita untuk bangkit dengan cara pandang baru. Standar kenormalan yang kemarin sudah nyaman kita rasakan, di tahun ajaran baru ini mulailah dengan kenormalan baru. Bukan hanya di pasar, di rumah sakit, di rumah, demikian pula di sekolah. Pendidikan anak-anak kita tidak boleh berhenti walaupun kita diberhentikan bekerja di perusahaan atau di kantor. Mereka harus tetap belajar bagaimanapun caranya. SD Negeri 7 Subagan siap bersama-sama untuk memperjuangkan impian anak-anak kita. Untuk hal itu di tahun pelajaran baru 2020/2021, melalui berbagai pertimbangan maka berikut panduan kegiatan mengawali tahun pelajaran 2020/2021.

 Panduan Mengawali Tahun Pelajaran Baru

Jurnal dan Rencana Kerja

Model RPP Kelas I

Program Belajar Melalui TVRI

This entry was posted in Artikel, Pembelajaran, Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *