Belajar jarak jauh sekarang ini sedang lagi ngetren.  Sepertinya ini tidak hanya terkait dengan penyebaran Pandemi Covid ~19 yang tidak kunjung turun, hal ini juga relevan dengan kebijakan merdeka belajar yang di gagas oleh Menteri Kementerian Pendidikan. Kesesuaian ini terkait dengan beberapa karakteristik merdeka belajar yang memberi ruang kepada guru untuk mengembangkan inovasi pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh merupakan inovasi pembelajaran yang memungkinkan siswa dan guru menggunakan metode dan sarana belajar yang alternatif. Alternatif metode belajar jarak jauh dengan menggunakan teknologi berupa gadget yang memakai jaringan internet, merupakan salah satu pilihan yang sebenarnya belum terbukti efektif, tetapi untuk kasus saat ini, pilihan ini menjadi pilihan paling relevan.

Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang  diawali dengan berbagai pelatihan daring tentang pembelajaran jarak jauh. Kegiatan ini secara luas telah disediakan oleh institusi formal seperti P4TK, LPMP hingga Dinas Pendidikan. Dalam hal ini Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem menindak lanjutinya dengan berulang kali telah melakukan pembinaan ternhada guru untuk memiliki kompetensi dalam menyelenggarakan pembelajaran jaark jauh.

Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Karangasem dalam rangka mewujudkan hal itu menggagas dan memprogramkan kegiatan KKG Online dengan sistem berjenjang seperti gambar di bawah ini :

Time Line Kegiatan

Timeline Program KKG Online

Program KKG online tersebut dikembangkan secara masif sehingga semua guru di Kecamatan Karangasem dipastikan akan memiliki kompetensi dalam menggunakan aplikasi Google Class Room dan Google Form. Secara teknis kegiatan ini dirancang sebagai berikut :

Program Kegiatan K3S

Program K3S Kecamatan Karangasem

Dalam pelaksanaan proses KKG Online hingga hari ini telah berhasil membina guru di masing-masing gugus sehingga di masing-masng gugus telah mampu menyediakan wadah belajar Google Class Room dan Google Form berupa Kelas Maya Gugus I, II, III, IV, V, VI, VII dan VIII berbasis LMS Google Class Room juga.

Kelas Virtual Masing-masing Gugus Telah Terbentuk

Tatap Muka dengan Protokol Kesehatan

Kegiatan Video Conference

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *