Panduan Bergabung dengan Google Classroom

Siswa-siswi SDN 7 Subagan dalam masa pandemi Covid 19 dalam kegiatan belajar di rumah mencoba sesuatu yang baru. Melalui komunikasi  yang intensif dan mendalam dengan orang tua siswa agar senantiasa memotivasi anaknya dalam memperoleh pengalaman belajar baru. Bukan hanya anak yang akan belajar dalam hal ini, orang tuapun terpaksa terlibat untuk melek dengan sistem belajar alternatif ini. Abad digital memberi kita kemudahan dalam berinteraksi, demikian halnya dalam kegiatan pembelajaran. Guru yang mengajar dari rumah dan siswa yang belajar dari rumah terpaut oleh jarak tersebut memberi tantangan dalam hal perubahan kebiasaan dalam kegiatan belajar mengajar.

Model pendekatan pembelajaran TPACK (Teknological Pedagogy Content Knowladge)  untuk menyongsong peradaban di era RI 4.0 (Revolusi Industri 4.0) dengan sangat terpaksa harus kita ikuti kalau kita tidak ingin tertinggal dari kemajuan peradaban dunia yang semakin pesat. Walaupun kita sebagai orang tua dan guru yang hanya bisa Tut Wuri Handayani (Membimbing dari belakang) tetapi paling tidak kita tahu dan sadar bahwa zaman sekarang sudah berubah, maka tidak ada kata lain, kita harus mengikuti perubahan.

Cara pandang guru dalam membekali anak kita adalah membentuk sikap mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dan mengambil manfaat sebesar besarnya dari  perubahan itu untuk meningkatkan kualitas SDM anak-anak kita. Demikian pula orang tua siswa tidak lagi dapat mengandalkan sekolah sebagai satu-satunya pusat dan tempat belajar bagi anaknya. Antara guru dan orang tua harus sama-sama bertekad untuk membentuk anak-anak yang mampu mengarungi masa depan yang gelap dan arah perkembangannya entah kemana dan tidak pasti. Intinya adalah memberi anak-anak kita sikap agar siap dan mampu menyesuaikan diri dengan masa depannya yang serba tidak pasti.

Guru dan orang tua tidak bisa menjanjikan apa-apa bagi mereka, yang dapat kita upayakan adalah membentuk sikapnya yang mampu berubah menyesuaikan dengan kebutuhan sesuai zamannya. Hal itu perlu kita pahami bersama dalam rangka kita dapat menyamakan persepsi tentang makna dan arti pendidikan di masa kini. Maka dari itu panduan penggunaan kelas digital Google Classroom ini adalah dalam rangka mempersiapkan anak-anak kita agar memiliki arah dalam mengarungi bahtera dunia maya yang tanpa batas. Melalui kegiatan ini kita dapat mengelola keingintahuannya yang terlalu besar dengan hal-hal baru yang tersedia di internet.

Berikut adalah panduan penggunaan Google Classroom  untuk pembelajaran anak-anak kita di SDN 7 Subagan. Panduan ini akan mengarahkan para orang tua dan anak-anak kita untuk bergabung dengan kelas digital, yang sesungguhnya tidak asing lagi bagi anak-anak kita yang mungkin sudah lebih duluan tahu dari pada kita sendiri.

1. Bergabung dengan kelas Google Class melalui jalur link via Whatshaap.

    • Pertama-tama bukalah aplikasi WA yang terdapat link seperti di contohkan pada gambar di bawah ini :

clasrom1

Pada gambar di atas nampak ada link dan password

    •  Kliklah link tersebut dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

clasrom2

    • Klik gabung ke kelas

clasrom3

    • Masukan paswordnya pada tempat yang ditentukan seperti gambar di bawah ini

clasrom4

    • Selanjutnya masukkan passwornya dan klik gabung

clasrom5

    • Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini, artinya sudah bergabung dengan Google Class

clasrom6

    • Selanjutnya silahkan ditelusuri link-link pada bagian atas Google Class  ini.
    • Tunggu kabar dari guru untuk pemberian tugas, diskusi di forum bersama guru dan teman-teman

2. Bergabung melalui undangan email

    • Bukalah email aktif di Hp android atau melalui komputer seperti gambar di bawah ini

clasrom0

    • Bukalah email udangan ini pada email yang masuk

clasrom7

    • Klik bergabung dan selanjutnya akan dibawah ke halaman Google Class, seperti gambar di bawah ini

clasrom8

    • Selnjutnya langkah-langkahnya adalah menelusuri link dan fasilitas yang diberikan di aplikasi ini sambil menunggu pemberitahuan dari guru terkait tugas-tugas yang akan di berikan

clasrom11

Demikianlah program kita dalam rangka mencoba untuk memberi pengalaman anak-anak kita dalam belajar melalui media digital. Bahkan harapan kita ke depan adalah belajar bukan lagi tergantung tempat yaitu di sekolah, tetapi banyak sumber belajar dan tempat belajar bagi siswa dan bahkan kita sendiri sebagai orang tua yang juga harus terus belajar. Kehadiran media digital telah memberi kita keluluasaan dalam belajar yang tidal lagi terhalang oleh siapa, kapan, dan dimana.

Tantangan yang paling besar ke depan adalah bagaimana kita dapat belajar melalui alternatif pilihan belajar yang banyak itu secara efektif dan  berhasil. Tidak menutup kemungkinan ke depan, sekolah adalah hanya sebagai tempat belajar dalam kurun waktu tertentu saja, selebihnya anak-anak kita dapat belajar di rumah. Siapa yang tahu, karena semuanya serba mungkin, tidak ada yang tidak mungkin di masa ini.


Untuk guru dan orang tua yang menggunakan komputer bisa mengikuti panduan lengkap di bawah ini !

[googleapps domain=”drive” dir=”file/d/1KqMYu6N0_UinTd6VbnZLL1rnVC23xEjX/preview” query=”” width=”640″ height=”480″ /]

 

Atau yang biasa belajar dengan multimedia berikut video panduannya !

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=M3aVYxVUCMk&w=560&h=315]

 

Terimakasih

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *