Pelaksanaan Pembimbingan Penelitian Tindakan Kelas
Penyegaran Calon Dosen/Instruktur PPG |Unit 4. Continuing Professional Development (CFD)
Daftar Isi
Daftar Isi Unit 4
Pendahuluan
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi guru dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal, salah satunya adalah publikasi ilmiah. Salah satu kelompok kegiatan dalam kegiatan publikasi ilmiah yang dapat dilakukan guru adalah laporan hasil penelitian. Penelitian yang dapat dilaksanakan yang sesuai dengan tupoksi guru diantarabya adalah penelitian di kelasnya yang bertujuan praktis memperbaiki proses maupun hasil pembelajaran. Penelitian yang demikian ini sudah kita kenal sebagai penelitian tindakan kelas (PTK). PTK merupakan wujud profesionalitas guru yang bertanggung jawab, bukan sekedar melaporkan hasil penelitian sebagai publikasi ilmiah untuk kenaikan jabatannya. Guru yang berani bertanggungjawab atas hasil kerjanya akan selalu berusaha memperbaiki kualitas kerjanya. Melalui PTK ini, guru dapat secara langsung mendiagnosa permasalahan dalam pembelajaran, merancang dan merumuskan perbaikan, menerapkan program perbaikan, serta mengevaluasi program tersebut. Kualitas proses dan hasil pembelajaran merupakan tanggung jawab penuh seorang guru. Kesadaran mengenai tanggungjawab guru inilah yang sejak awal harus ditanamkan dalam diri mahasiswa PPG. Sebagai wujud dari tanggungjawab itulah maka setiap mahasiswa PPG harus mulai berlatih berpikir reflektif pada praktik pembelajaran yang dilakukan, mendiagnosa permasalahan dan selanjutnya memperbaikinya. Rangkaian proses tersebut dapat dikerjakan secara sinergis dengan kegiatan penelitian tindakan di kelas yang akan dilakukan di masa mendatang
Setelah mempelajari modul kegiatan belajar ini, peserta mampu:
- Mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang konsep dasar Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
- Mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang pembimbingan mahasiswa untuk merancang dan melaksanakan PTK
- Melakukan praktek pembimbingan mahasiswa untuk merancang dan melaksanakan
Materi
Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Dalam pengertian yang sederhana, PTK adalah kegiatan reflektif yang sistematis dan empiris dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran yang dihadapi guru di kelasnya untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Hal ini
sesuai dengan Kemmis dan Mc Taggart (1988) yang menyatakan bahwa PTK adalah suatu bentuk refleksi diri secara kolektif yang dilakukan oleh peserta-pesertanya dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran dan keadilan praktik-praktik tertentu maupun terhadap situasi tempat dilakukan praktik-praktik tersebut. Hal senada juga diungkapkan oleh Ebbut (1985, dalam Hopkins, 1993) yang mengungkap bahwa PTK adalah upaya perbaikan yang sistematis dari praktik pembelajaran oleh sekelompok guru dengan melakukan aktivitas pembelajaran, berdasarkan refleksi dari hasil kegiatan tersebut.
Baca Juga
2 Comments
Laporan Diklat Dosen/Instruktur PPG| Hari V ~ 15 Mei 2020 Kelas 22 – SDN 7 SUBAGAN · May 15, 2020 at 3:08 am
[…] Strategi Pembimbingan Pelaksanaan PTK […]
Laporan Diklat Dosen/Instruktur PPG |Hari IV ~ 14 Mei 2020 Kelas 22 – SDN 7 SUBAGAN · May 16, 2020 at 12:18 am
[…] KB 1 Strategi Pembimbingan Pelaksanaan PTK […]