Analisis Penerapan Evaluasi Untuk Perbaikan Pembelajaran
Penyegaran Calon Dosen/Instruktur PPG |Unit 3. Pembimbingan PPL
Daftar Isi
Daftar Isi Unit 3
Analisis Penerapan Evaluasi Untuk Perbaikan Pembelajaran
Kegiatan Belajar 4 ini membahas tentang analisis dan penerapan evaluasi untuk perbaikan proses pembelajaran. Penilaian merupakan rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis, akurat dan berkesinambungan. Jadi penilaian bukan sekadar untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik, namun dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar.
Baca Juga
Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh sebab itu, pengumpulan informasi yang akan digunakan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik harus lengkap dan akurat agar dihasilkan keputusan yang tepat. Hasil penilaian kemampuan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan akan dianalisis, untuk selanjutnya digunakan untuk perbaikan pembelajaran. Mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan hasil penilaian dilanjutkan dengan melaporkan dan memanfaatkan hasil laporan merupakan tahapan yang tertuang dalam Pasal 13 Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang standar penilaian pendidikan. Prosedur penilaian proses dan hasil belajar oleh pendidik, satuan pendidikan, atau pemerintah setelah menyusun kisi-kisi, membuat instrumen penilaian berikutnya adalah membuat pedoman penilaian.
Setelah melaksanakan aktivitas belajar ini diharapkan dapat membimbing mahasiswa:
0 Comments