Penyegaran Calon Dosen/Instruktur PPG |Unit 2. Pembimbingan PPL|Hari II ~ 12 Mei 2020 Kelas 22

Daftar Isi

Daftar Isi Unit 2

    1. KB 1 Strategi Pembimbingan Praktik Keprofesionalan Mengajar
    2. KB 2 Strategi Pembimbingan Praktik Keprofesionalan Non Mengajar
    3. KB 3 Menjadi Guru Mempesona
    4. KB 4 Pengembangan Leadership Skill Guru Pemula
    5. KB 5 Manfaat Feedback Pembelajaran dari Siswa
    6. KB 6 Refleksi Pembelajaran di Kelas
    7. KB 7 Refleksi Pembelajaran Bersama
    8. KB 8 Menyusun Jurnal Refleksi Pembelajaran

Pendahuluan

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa PPG. Kompetensi yang wajib dikuasai mahasiswa PPG dalam PPL adalah mampu melaksanakan pembelajaran bermutu di sekolah, cakap dalam melakukan berbagai aktivitas non mengajar, praktik penelitian tindakan kelas (PTK), dan praktik industri. Pendampingan dan pembimbingan kepada mahasiswa PPG untuk mencapai kompetensi-kompetensi dalam PPL perlu dilakukan secara serius. Instruktur PPG wajib memiliki kompetensi dan kesadaran untuk memfasilitasi mahasiswa PPG dalam melakukan praktik keprofesionalan di sekolah.

Tujuan

Setelah mengikuti sesi ini, para calon dosen PPG dapat:

  1. Memahami prosedur pendampingan dan pembimbingan PPL 2020
  2. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mahasiswa dalam praktik mengajar sekaligus dalam pengambilan data PTK di sekolah
  3. Memberikan rekomendasi/saran untuk mahasiswa agar dapat melaksanakan pembelajaran yang mendidik
  4. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mahasiswa dalam praktik non mengajar
  5. Memberikan rekomendasi/saran untuk mahasiswa agar dapat melaksanakan praktik non mengajar yang baik

ppg1Rincian Penerapan

Kegiatan I (Merumuskan kriteria pendampingan dan pembimbingan praktik mengajar)

  • Bertukar pengalaman PROSEDUR pembimbingan dan pendampingan
  • Merumuskan KRITERIA pembimbingan dan pendampingan efektif berdasarkan pengalaman
  • Mengidentifikasi KEKUATAN dan KELEMAHAN pendampingan dan pembimbingan dengan acuan yang disepakati

Kegiatan II (mengenal KONFERENSI sebagai salah satu Model pendampingan dan Pembimbingan)

  • Membaca uraian tentang konferensi dan mengamati video praktik pendampingan
  • Mengidentifikasi PERSAMAAN dan PERBEDAAN prosedur pendampingan dan pembimbingan antara model konferensi dan model produk kelompok di kegiatan I

Kegiatan III (Merancang Pendampingan dan Pembimbingan Praktik Non Mengajar): 

  • Memetakan kegiatan non mengajar  yang dapat mengembangkan leadership,  kemampuan manajerial, kemampuan melakukan penjaminan mutu,  kegiatan ekstra kurikuler,  dan kultur sekolah,  pemanfaatan dan perawatan sarana belajar sekolah (berdasarkan hasil isian LK 1.4 di Unit 1)
  • Merancang pembimbingan kegiatan non mengajar

Kegiatan IV (Mengembangkan prosedur pendampingan dan pembimbingan PPL PPG)

  • Membaca prosedur pelaksanaan PPL PPG
  • Merumuskan kompetensi  mahasiswa pasca PPL PPG
  • Merancang  prosedur pendampingan dan pembimbingan PPL PPG berdasarkan hasil kegatan-kegiatan sebelumnya.
  • Menganalisis efektivitas hasil rancangan dengan ketercapaian kompetensi mahasiswa pasca PPL PPG.

Fasilitator : Ahmad, PhD, dan Pamujo, M. Pd (Kemdikbud Dirjen GTK)

loading...

6 Comments

Refleksi – SDN 7 SUBAGAN · May 14, 2020 at 12:28 am

[…] Unit 2 tentang Pembimbingan PPL […]

Peer Teaching – SDN 7 SUBAGAN · May 14, 2020 at 12:29 am

[…] Unit 2 tentang Pembimbingan PPL […]

Merancang Langkah Pembelajaran – SDN 7 SUBAGAN · May 14, 2020 at 12:30 am

[…] Unit 2 tentang Pembimbingan PPL […]

Pembimbingan Praktik Keprofesionalan Non Mengajar – SDN 7 SUBAGAN · May 14, 2020 at 12:31 am

[…] Unit 2 tentang Pembimbingan PPL […]

Mengembangkan Bahan Ajar – SDN 7 SUBAGAN · May 15, 2020 at 10:04 pm

[…] Unit 2 tentang Pembimbingan PPL […]

Pembimbingan Praktik Keprofesionalan Mengajar – SDN 7 SUBAGAN · May 15, 2020 at 10:27 pm

[…] Unit 2 tentang Pembimbingan PPL […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *