Penyegaran Calon Dosen/Instruktur PPG |Unit 2. Pembimbingan PPL|Hari II ~ 12 Mei 2020 Kelas 22
- 1 Daftar Isi
- 2 Daftar Isi Unit 2
- 3 Pendahuluan
- 4 Tujuan
- 5 Rincian Penerapan
- 5.1 Kegiatan I (Merumuskan kriteria pendampingan dan pembimbingan praktik mengajar)
- 5.2 Kegiatan II (mengenal KONFERENSI sebagai salah satu Model pendampingan dan Pembimbingan)
- 5.3 Kegiatan III (Merancang Pendampingan dan Pembimbingan Praktik Non Mengajar):
- 5.4 Kegiatan IV (Mengembangkan prosedur pendampingan dan pembimbingan PPL PPG)
Daftar Isi
Daftar Isi Unit 2
-
- KB 1 Strategi Pembimbingan Praktik Keprofesionalan Mengajar
- KB 2 Strategi Pembimbingan Praktik Keprofesionalan Non Mengajar
- KB 3 Menjadi Guru Mempesona
- KB 4 Pengembangan Leadership Skill Guru Pemula
- KB 5 Manfaat Feedback Pembelajaran dari Siswa
- KB 6 Refleksi Pembelajaran di Kelas
- KB 7 Refleksi Pembelajaran Bersama
- KB 8 Menyusun Jurnal Refleksi Pembelajaran
Pendahuluan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa PPG. Kompetensi yang wajib dikuasai mahasiswa PPG dalam PPL adalah mampu melaksanakan pembelajaran bermutu di sekolah, cakap dalam melakukan berbagai aktivitas non mengajar, praktik penelitian tindakan kelas (PTK), dan praktik industri. Pendampingan dan pembimbingan kepada mahasiswa PPG untuk mencapai kompetensi-kompetensi dalam PPL perlu dilakukan secara serius. Instruktur PPG wajib memiliki kompetensi dan kesadaran untuk memfasilitasi mahasiswa PPG dalam melakukan praktik keprofesionalan di sekolah.
Tujuan
Setelah mengikuti sesi ini, para calon dosen PPG dapat:
- Memahami prosedur pendampingan dan pembimbingan PPL 2020
- Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mahasiswa dalam praktik mengajar sekaligus dalam pengambilan data PTK di sekolah
- Memberikan rekomendasi/saran untuk mahasiswa agar dapat melaksanakan pembelajaran yang mendidik
- Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mahasiswa dalam praktik non mengajar
- Memberikan rekomendasi/saran untuk mahasiswa agar dapat melaksanakan praktik non mengajar yang baik
Rincian Penerapan
Fasilitator : Ahmad, PhD, dan Pamujo, M. Pd (Kemdikbud Dirjen GTK)
Pingback: Refleksi – SDN 7 SUBAGAN
Pingback: Peer Teaching – SDN 7 SUBAGAN
Pingback: Merancang Langkah Pembelajaran – SDN 7 SUBAGAN
Pingback: Pembimbingan Praktik Keprofesionalan Non Mengajar – SDN 7 SUBAGAN
Pingback: Mengembangkan Bahan Ajar – SDN 7 SUBAGAN
Pingback: Pembimbingan Praktik Keprofesionalan Mengajar – SDN 7 SUBAGAN