Pembelajaran Berbasis TPACK

Terkejut juga ketika melaksanakan kegiatan belajar mandiri menemukan modul yang berjudul “Modul Penyegaran Instruktur” hingga 358 halaman. Tetapi ketika memiliki niat belajar, tidak ada yang tidak mungkin. Penulis akan mencoba membedah sedikit-demi sedikit modul ini sehingga memiliki bayangan walau tidak lengkap tentang pemahaman konsep dari isi modul ini.

Adapun istilan TPACK (Teknological Pedagogy Content Knowladge) merupakan inti sari dari keseluruhan pembahasan modul, maka dari itu dalam rangka usaha untuk memahaminya, penulis sambil belajar membahasnya satu persatu melalui link-link di bawah ini.

Eksplore Lebih Lanjut

  1. Unit 1 tentang Penyusunan Perangkat Pembelajaran
  2. Unit 2 tentang Pembimbingan PPL
  3. Unit 3 tentang Pembimbingan Penilaian Pembelajaran
  4. Unit 4 tentang Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan

Unit-unit di atas selanjutnya menjadi daftar isi dari tulisan ini. Tulisan ini dapat dikatakan sebagai catatan point-point penting dari upaya penulis untuk belajar. Bagi yang ada waktu untuk membaca silahkan di simak tulisan ini lebih lanjut, kalau ada kekurangan adalah semata-mata karena proses belajar cepat yang tidak mungkin memperoleh hasil sempurna. Berikut adalah link langsung ke topik-topik essensial dari pembahasan ini.

Baca Juga

  1. Strategi Penyusunan Kisi-Kisi Instrumen
  2. Strategi Refleksi Pembelajaran
  3. Manfaat Feedback Pembelajaran dari Siswa
  4. Pengembangan Leadership Skill Guru Pemula
  5. Menjadi Guru Mempesona
  6. Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK
  7. Strategi Perencanaan Refleksi
  8. Peer Teaching
  9. Konsep Evaluasi Pembelajaran
  10. Mengembangkan Bahan Ajar
  11. Merancang Langkah Pembelajaran
  12. Mengembangkan Indikator dan Tujuan Pembelajaran
  13. Praktik Keprofessionalan Mengajar
  14. Praktik Keprofessionalan Non Mengajar
  15. Platform LMS Moodle & Big Blue Button

Secara umum kegiatan ini bertujuan

Diharapkan mendapatkan lesson learn yang bermanfaat dalam kesempatan berlatih untuk memahami dan mampu mengembangkan perangkat pembelajaran berupa (tujuan, bahan ajar, media, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran) dengan pendekatan TPACK berbasis platform RI 4.0 yang mengembangkan critical thinking, creative thingking, reflective thingking dan decision making  siswa melalui learning based activities.

Manfaat kegiatan adalah

Meningkatkan wawasan dan kemampuannya dalam memahami prinsip mendasar dari TPACK (Teknological Pedagogy Content Knowladge)  dan menerapkannya dalam  merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, refleksi diri, evaluasi, pembimbingan kepada guru, mahasiswa  dan hal lain terkait aktivitas pendidikan,


 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to Pembelajaran Berbasis TPACK

  1. Pingback: Menjadi Guru Mempesona – SDN 7 SUBAGAN

  2. Pingback: Laporan Diklat Dosen/Instruktur PPG| Hari II ~ 12 Mei 2020 Kelas 22 – SDN 7 SUBAGAN

  3. Pingback: Pembimbingan Praktik Keprofesionalan Mengajar – SDN 7 SUBAGAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *