Refleksi

Penyegaran Calon Dosen/Instruktur PPG | Unit 1 Penyusunan Perangkat Pembelajaran

Daftar Isi Uni 1

  1. KB1 Merancang Pelaksanaan Observasi
  2. KB2 Mengembangkan Tujuan dan Indikator Pembelajaran
  3. KB 3 Merancang Langkah Pembelajaran
  4. KB 4 Mengembangkan Bahan Ajar
  5. KB 5 Evaluasi Pembelajaran
  6. KB 6 Peer Teaching
  7. KB 7 Refeksi

KB 7. Refleksi

Refleksi merupakan tugas yang melekat pada guru sebagai tenaga terdepan dalam bidang pendidikan. Refleksi pembelajaran pada hakekatnya adalah tindakan guru untuk introspeksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakannya. Hasil refleksi dapat dimanfaatkan oleh guru dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya perbaikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Kegiatan refleksi dapat dilaksanakan ketika pelaksanaan pembelajaran (reflection in actions), saat pembelajaran usai (reflections on actions) dan ketika melakukan refleksi (self reflections).

Baca Juga

  1. Strategi Penyusunan Kisi-Kisi Instrumen
  2. Strategi Refleksi Pembelajaran
  3. Manfaat Feedback Pembelajaran dari Siswa
  4. Pengembangan Leadership Skill Guru Pemula
  5. Menjadi Guru Mempesona
  6. Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK
  7. Strategi Perencanaan Refleksi
  8. Peer Teaching
  9. Konsep Evaluasi Pembelajaran
  10. Mengembangkan Bahan Ajar
  11. Merancang Langkah Pembelajaran
  12. Mengembangkan Indikator dan Tujuan Pembelajaran
  13. Praktik Keprofessionalan Mengajar
  14. Praktik Keprofessionalan Non Mengajar
  15. Platform LMS Moodle & Big Blue Button

Capaian yang diharapkan setelah pelaksanaan pembelajaran adalah :

  1. Menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan refleksi, meliputi perencanaan dan metode pelaksanaan.
  2. Melaksanakan kegiatan refleksi peserta PPG
  3. Mentransfer pengetahuan dan melatihkan keterampilan tentang pelaksanaan refleksi.

Materi

Prinsip pelaksanaan refleksi pembelajaran :

  1. Berkelanjutan dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, jadi refleksi bukan aktivitas insidental tetapi diharapkan dilaksanakan secara kontinyu, bahkan dijadikan kebiasaan (habit)
  2. Komprehensif, dilaksanakan meliputi seluruh aspek yang dilakukan, tidak takut untuk melihat dan menganalisis hal-hal buruk, salah, kurang berhasil, bahkan hal yang gagal
  3. Sistematis, menggunakan langkah yang jelas dan terencana, seluruh aspek terwadahi, serta dapat dilaksanakan secara mandiri (self reflections)
  4. Kontekstual, sesuai dengan situasi dan pelaksanaan pembelajaran, sesuai dengan kondisi pengajar, situasi lapangan/kelas, dan sebagainya
  5. Terintegrasi, menyesuaikan dan menyatukan seluruh aspek
  6. Jujur, dilaksanakan dengan kesungguhan dan profesional

Eksplore Lebih Lanjut

  1. Unit 1 tentang Penyusunan Perangkat Pembelajaran
  2. Unit 2 tentang Pembimbingan PPL
  3. Unit 3 tentang Pembimbingan Penilaian Pembelajaran
  4. Unit 4 tentang Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan

Kegiatan refleksi hendaknya menenjadi suatu pembiasaan bagi guru yang  dapat dimulai dari mengajukan pertanyaan-pertanyaan reflektif, misalnya:

  1. Pengetahuan dan keterampilan baru apa yang telah Anda pelajari?
  2. Hal apa yang paling menarik pada pembelajaran tadi?
  3. Apakah alasan Anda akan melakukan hal-hal menarik?
  4. Apakah pengalaman pembuat ini mengubah pemahaman Anda? Jika Ya, bagaimana? Jika tidak mengapa?
  5. Apakah yang Anda lakukan adalah cara paling efektif?
  6. Apakah bagian yang sulit dari kegiatan itu? Mengapa?
  7. Apakah Anda memiliki ide untuk menyempurnakan hal-hal tersebut?

Aktivitas kegiatan belajar 7 adalah mengerjakan LK-Refleksi 01 dengan bantuan link video

 

Video juga dapat diunduh melalui link ini.

https://drive.google.com/file/d/17s_0mIMZ4CTou48Y_Whlar0YjSQgK0LX/view?usp=sha ring

Jika terdapat masalah dengan pengamatan maka disediakan tabel berikut :

ppg24

Kegiatan belajar 7 dilanjutkan dengan tes formatif sebagai bentuk upaya me-refresh pemahaman kita tentang kegiatan refleksi.

  1. Pernahkah Anda mengalami reflections in Actions? Bisakah Anda menguraikan dengan singkat pengalaman belajar tersebut?
  2. Berikan satu contoh pelaksanaan refleksi menjadi penting, coba jelaskan dengan singkat
  3. Dapatkah refleksi dilakukan secara berkelompok? Jelaskan bagaimaman mekanaismenya?
  4. Idealnya pelaksanaan refleksi dilaksanakan setiap semester, bulan, minggu, hari atau setiap selesai melakukan kegiatan tertentu? Jelaskan!

Pada kegiatan belajar 7 dilaksanakan refleksi diri yang diawali pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Apakah tindakan refleksi ini menarik?
  2. Adakah hal-hal baru yang perlu ditambahkan agar lebih sempurna?
  3. Apakah Anda mampu melaksanakan kegiatan refleksi ini?
  4. Apakah Anda mau dan punya waktu untuk melaksanakannya?
  5. …dan seterusnya…

Referensi:

Dewey, J.1938.Experience and Education Handbook. New York: Macmillan. Schön, J.H.2011.Physical Propoerties of Rocks. Netherlands: Elsevier Ltd

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *