Penyegaran Calon Dosen/Instruktur PPG | Unit 1 Penyusunan Perangkat Pembelajaran

 


Daftar Isi


Daftar Isi Unit 1

  1. KB1 Merancang Pelaksanaan Observasi
  2. KB2 Mengembangkan Tujuan dan Indikator Pembelajaran
  3. KB 3 Merancang Langkah Pembelajaran
  4. KB 4 Mengembangkan Bahan Ajar
  5. KB 5 Evaluasi Pembelajaran
  6. KB 6 Peer Teaching
  7. KB 7 Refeksi

Pendahuluan

Langkah pembelajaran merupakan uraian tindakan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang dijabarkan dari tujuan pembelajaran. Pembelajaran tidak sekedar untuk mencapai tujuan pembelajaran semata, namun bagaimana upaya seorang guru untuk setiap detail pelaksanaan pembelajaran mampu memberi motivasi pada siswa, membangkitkan inspirasi positif, menyenangkan siswa dalam belajar, dan tentu memberi penguatan pada karakter serta sikap siswa. Selaras dengan perkembangan zaman yang diwarnai revolusi teknologi dan informasi yang sangat cepat maka guru sudah tidak layak lagi ditempatkan sebagai satu-satunya sumber belajar. Oleh karena itu kemampuan memotivasi anak untuk mampu secara mandiri mencari dan menemukan cara belajar yang paling baik baginya. Cara belajar yang ditemukannya sendiri akan menambah kepercayaan dirinya untuk mengeksplorasi sumber-sumber belajar yang bermakna baginya.

Capaian pembelajaran :

  1. Menjelaskan tahapan dalam merancang langkah pembelajaran
  2. Merancang langkah pembelajaran yang mengacu pada pendekatan sainstifik
  3. Merancang langkah pembelajaran dengan pendekatan TPACK
  4. Mentransfer pengetahuan dan melatih keterampilan tentang penyusunan langkah pembelajaran dengan pendekatan sainstifk dan TPACK kepada mahasiswa PPG

Materi

Pada pembelajaran dengan platform 4.0 seorang guru diharapkan mengadaptasikan pendekatan sainstifik (Scientific approach) TPACK berbasis Blended learning, integrasi TIK pada Pembelajaran dengan memanfaatkan Argumented Reality, Artificial Intelegence. TPACK sendiri merupakan framework dari pengintegrasian Technology Knowledge-Pedagogical Knowladge – dan Content Knowladge ke dalam sebuah konteks pembelajaran (Shulmans : 1986/1987). Pada intinya melalui penerapan pendekatan TPACK kita harus mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kemampuan berpikir kreatif (creative thingking), berpikir reflektif (reflective thingking) dan pada akhirnya mampu membuat keputusan (decision making).

Perkembangan ICT saat ini sangat pesat yang telah merambah semua lini kehidupan manusia, dimanapun, kapanpun, apapun dan kapanpun. (anywhere, anything, and any time). Maka dari itu guru harus mampu meramu konten materi pelajaran dengan teknologi yang terkait lengkap dengan langkah dan strategi pembelajaran sesuai koteksnya. Konteks yang dimaksud dalam hal ini adalah kita harus mempertimbangkan situasi dan kondisi sekolah, peserta didik dan karakteristik lingkungan keluarga dan masyarakat pendukung sekolah.

ppg12

Berikut adalah contoh langkah pembelajaran yang mengadaptasi Problem Based Learning berbasis TPACK pada muatan pelajaran IPA materi bunyi

ppg14ppg13

Aktivitas belajar pada Kegiatan Belajar 3 ini adalah merancang proses pembelajaran dengan menggunakan LK-Skenario-01 seperti format di bawah ini:

ppg15

Kegiatan dilanjutkan dengan tes formatif yang terdiri dari 5 soal pilihan ganda dan 10 soal jawaban singkat. Kegiatan selanjutnya diakhiri dengan refleksi  pembelajaran dengan model penerapan lesson study. Proses pembelajaran tersebut selanjutnya diamati dengan menggunakan instrumen pengamatan pelaksanaan pembelajaran salah satunya seperti model pengamatan di bawah ini :

ppg17

Fasilitator : Ahmad, PhD, dan Pamujo, M. Pd (Kemdikbud Dirjen GTK)

loading...

2 Comments

Menjadi Guru Mempesona – SDN 7 SUBAGAN · May 14, 2020 at 12:28 am

[…] Merancang Langkah Pembelajaran […]

Pembimbingan Praktik Keprofesionalan Mengajar – SDN 7 SUBAGAN · May 15, 2020 at 10:35 pm

[…] Merancang Langkah Pembelajaran […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *