Daftar Isi


Daftar Isi Unit 1

    1. KB1 Merancang Pelaksanaan Observasi
    2. KB2 Mengembangkan Tujuan dan Indikator Pembelajaran
    3. KB 3 Merancang Langkah Pembelajaran
    4. KB 4 Mengembangkan Bahan Ajar
    5. KB 5 Evaluasi Pembelajaran
    6. KB 6 Peer Teaching
    7. KB 7 Refeksi

Pendahuluan

Penilaian adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang kemajuan proses pembelajaran yang telah kita lakukan, maka hasilnya merupakan representasi dari kemajuan dan hasil belajar peserta didik. Selain itu hasil evaluasi dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan diagnosis terkait kesulitan belajar siswa, sebagai feedback untuk memperbaiki proses pembelajaran dan tentu saja sebagai bahan pertimbangan kelulusan atau kenaikan tingkat siswa.

Capaian pembelajaran yang diharapkan dari Kegiatan Belajar 5 adalah :

  1. Menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran
  2. Menjelaskan karakter evalussi pembelajaran yang HOTS
  3. Membuat soal-soal evaluasi pembelajaran yang HOTS
  4. Mentransfer pengetahuan dan melatihkan keterampilan tentang evaluasi pembelajaran

Materi

Evaluasi terkait dengan kegiatan pengukuran dan penilaian. Pengukuran adalah kegiatan kuantitatif untuk mengetahui kondisi suatu hal, misalnya tinggi badan, berat badan yang kemudian dibandingkan dengan standar tertentu sehingga kita tahu hasilnya adalah kurus, ideal atau kelebihan berat badan. Pengukuran tersebut disebut dengan pengukuran langsung sementara pengukuran tidak langsung misalnya pengukuran kelayakan suatu produk baru. Kelayakan ini akan diukur menggunakan instrumen yang mengacu pada indikator-indikator sebuah barang yang layak digunakan, yang hasilnya akan digunakan untuk membuat simpulan. Penilaian adalah langkah lanjutan dari pengukuran yang kegiatannya adalah menafsirkan dan mendeskripsikan hasil pengukuran, hingga akhirnya digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan, menjastifikasi sesuatu. Evaluasi merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari sesuatu program, yang memanfaatkan hasil pengukuran dan penilaian yang telah dilaksanakan.

Berikut adalah jenis-jenis evaluasi berdasarkan tujuannya :

  1. Placement Evaluations

Kegiatan ini dilakukan sebelum dilaksanakan suatu tindakan sehingga dapat digunakan untuk mengupayakan perencanaan pelaksanaan kegiatan seperti tes kesiapan, tes kemampuan, tes bakat dan tes prestasi

2. Formative Evaluations

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui letak kegagalan pelaksanaan program sehingga secara cepat dapat dilakukan perbaikan seperti tes mingguan dan tes sisipan

 3. Diagnostic Evaluations

Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui penyebab terjadinya kelemahan suatu program, seperti tes kinerja, tes penilaian diri dan wawancara

 4. Sumatif Evaluations

Evaluasi ini biasanya dilaksanakan pada akhir kegiatan untuk mengetahui sejauhmana tujuan yang telah ditentukan dapat di capai

Ruang lingkup penilaian dalam pembelajaran meliputi aspek penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.

  1. Penilaian Sikap (Spiritual dan Social), terdiri dari tingkatan mulai dari menerima sikap, menanggapi nilai, menghargai nilai, menghayati nilai dan mengamalkan nilai
  2. Penilaian Pengetahuan, mulai dari tingkatan mengingat, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Tingkatan ini disesuaikan dengan sasaran dimensi penilaian berdasarkan :
    • Faktual, pengetahuan tentang istilah, nama orang, nama benda, angka, tahun dan hal-hal yang terkait dengan materi ajar
    • Konseptual yaitu pengetahuan tentang katagori, klasifikasi, definisi, teori, hukum kausalitas, dan keterkaitannya
    • Prosedural yaitu pengetahuan tentang prosedur dan proses khusus dari setiap muatan pelajaran dan materi
    • Metakognitif, yaitu kemampuan tentang cara mempelajari pengetahuan yang menentukan pengetahuan sederhana dan kompleks, mudah, dan sulit (Strategic Knowladge), Pengetahuan yang sesuai dengan masalah/konteks tertentu serta pengetahuan diri (Self Knowladge).

3. Penilaian Keterampilan

Keterampilan yang dikaitkan dengan kemampuan belajar (keterampilan abstrak) dapat dikatagorikan keterampilan dalam melakukan pengamatan, bertanya, menentukan dan mengumpulkan data/informasi, mencoba secara prosedural dan logis, menalar dan mengasosiasikan serta keterampilan mengkomunikasikan. Sementara untuk penilaian keterampilan konkret dapat dijelaskan di bawah ini:

    • Persepsi, yaitu mampu menunjukkan perhatian untuk melakukan aktivitas
    • Kesiapan, yaitu mampu menunjukkan kesiapan mental dan fisik untuk melakukan aktivitas
    • Meniru, yaitu mampu meniru aktivitas/keterampilan tertentu secara terbimbing
    • Membiasakan aktivitas, yaitu mampu melakukan gerakan yang rutin, mekanistik, tertata dan teratur
    • Mahir, yaitu mampu melakukan aktivitas yang kompleks dan mampu mengakomodasi
    • Mencipta hal baru, yaitu mampu mencipta bal baru yang orisinil, tidak meniru dan menjadi ciri khas

Penilaian pembelajaran sesuai Permendikbud Nomor 104 tahun 2014 meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang keseluruhannya dilaksanakan secara proporsional. Penilaian berbasis HOTS seperti disampaikan di atas meliputi gabungan dari kemampuan berpikir, menalar, menganalisis, mengevaluasi dan memutuskan. HOTS tidak selalu diartikan soal sulit, tetapi lebih kepada bagaimana pertanyaan atau tugas yang diberikan menantang siswa untuk mengerahkan segenap kemampuan berpikir  menyeluruh. Berikut dapat diilustrasikan seperti contoh soal di bawah ini :

ppg20

Pertanyaan LOTS

Apakah peran burung elang dalam suatu rantai makanan? Jelaskan

Pertanyaan HOTS

Seorang ilmuwan berhasil menemukan pestisida untuk membasmi seluruh jenis ulat, sehingga jumlah ulat sangat berkurang. Dengan kondisi ini, lalu bagaimanakah nasib burung elang selanjutnya?

Karakteristik Penilaian HOTS

  1. Menuntut siswa untuk mengerahkan kemampuan berpikirnya seluruh pengalaman untuk menyelesaikan masalah
  2. Menuntut siswa untuk berpikir kritis, kreatif, memecahkan masalah, berargumen dan membuat keputusan
  3. Bersifat divergen yang memungkinkan siswa memberikan jawaban yang tidak sepenuhnya sama, karena menggunakan logika berpikir masing-masing
  4. Menuntut siswa untuk mempu mengkaitkan, mengintegrasikan dan menerapkan pengetahuan dalam kehidupan nyata
  5. Menuntut siswa untuk berusaha mengeksplorasi seluruh sumber yang ada untuk menyelesaikan suatu masalah

Kegiatan selanjutnya dari Kegiatan Belajar 5 adalah mengembangkan soal evaluasi yang mengadaptasi Higher Order Thinking Skill (HOTS)

  1. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah tiap kelompok adalah 3 orang
  2. Setiap kelompok memperoleh amplop yang berisi Kompetensi Dasar dari 3 mata pelajaran berbeda
  3. Kelompok mengerjakan tugas dengan menggunakan LK-Evaluasi 01
  4. Setelah semua selesai, tugas ditukar dengan kelompok lain untuk saling memberi saran dan masukan positif

Tes formatif untuk Kegiatan Belajar 5 adalah soal HOTS dalam rangka mengukur sejauhmana pemahaman terkait materi evaluasi ini yaitu :

  1. Coba Anda kembangkan satu soal HOTS dari masalah ini : Penjumlahan bilangan bulat positif dan negatif!
  2. Jelaskan perbedaan antara istilah penilaian dan pengukuran!
  3. Dapatkah membuat soal HOTS dengan bentuk pilihan ganda? Coba berikan satiu contoh dengan memilih Mata Pelajaran PKN
  4. Penilaian akhir pengetahuan dapat diperoleh dari nilai rata-rata beberapa tes yang dilaksanakan. Apakah penilaian akhir keterampilan juga dapat diperoleh dari nilai rata-rata siswa saat beberapa kali praktik? Jelaskan!
  5. Penilaian harus valid dan reliabel.  Dapatkah anda memberikan ulasannya?

Kegiatan Belajar 5 diakhiri dengan kegiatan refleksi dengan beberapa pertanyaan self reflection sebagai berikut :

  1. Apakah soal kita sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran?
  2. Apakah soal kita sesuai dengan tingkat perkembangan siswa?
  3. Apakah soal kita mudah dipahami dan tidak bias (bermakna ganda)?
  4. Apakah soal kita dapat merangsang motivasi siswa untuk mengerjakannya?
  5. Apakah soal kita sudah variatif secara bentuk dan isi?
  6. dan seterusnya……………..

loading...

2 Comments

Menjadi Guru Mempesona – SDN 7 SUBAGAN · May 14, 2020 at 12:28 am

[…] Konsep Evaluasi Pembelajaran […]

Laporan Diklat Dosen/Instruktur PPG| Hari II ~ 12 Mei 2020 Kelas 22 – SDN 7 SUBAGAN · May 15, 2020 at 10:07 pm

[…] Konsep Evaluasi Pembelajaran […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *