Penyegaran Calon Dosen/Instruktur PPG | Unit 1 Penyusunan Perangkat Pembelajaran


Daftar Isi


Daftar Isi Unit 1

    1. KB1 Merancang Pelaksanaan Observasi
    2. KB2 Mengembangkan Tujuan dan Indikator Pembelajaran
    3. KB 3 Merancang Langkah Pembelajaran
    4. KB 4 Mengembangkan Bahan Ajar
    5. KB 5 Evaluasi Pembelajaran
    6. KB 6 Peer Teaching
    7. KB 7 Refeksi

Pendahuluan

Kata observasi berasal dari bahasa Latin yang artinya melihat dan memperhatikan. Dengan demikian pengertian observasi adalah proses untuk melihat dan memperhatikan objek tertentu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Beberapa ahli memiliki  berbagai pandangan yang tidak sepenuhnya sama tetapi menarik untuk kita simak :

  1. Observasi adalah proses yang sangat kompleks yang terdiri dari berbagai macam proses baik proses biologis maupun proses psikologis yang lebih mementingkan proses-proses ingatan dan pengamatan (Hadi, 1972)
  2. Observasi adalah pengamatan secara langsung terhadap suatu objek yang terdapat di lingkungan baik yang sedang berlangsung saat itu atau masih berjalan yang meliputi berbagai aktivitas terhadap suatu kajian objek dengan menggunakan penginderaan. Tindakan yang dilakukan dengan sengaja atau sadar dan sesuai urutan (Arikunto, 1992)
  3. Observasi dalam arti sempit adalah suatu proses penelitian dengan mengamati situasi serta kondisi dari bahan pengamatan. Teknik observasi seperti ini sangat cocok digunakan untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran, sikap, perilaku dan lainnya (Sugiyono, 2008)Raymond Gold mengenalkan empat jenis pengamatan yang dapat diterapkan pada semua jenis penelitian maupun kepentingan tertentu. Keempat jenis tersebut akan diuraikan sebagai berikut :
  1. Complete Observer, pengamat sengaja mengamati tanpa sepengetahuan pihak yang diamati
  2. Observer As Partisipant, pengamat berinteraksi dengan orang yang diamati yang telah tahu item-item yang akan diamati
  3. Participant As Observer, Partisipan berperan sebagai kolega
  4. Complete Partisipant, Pengamat dan kegiatan pengamatan tidak diketahui meskipun pengamat selalu berada di tengah lingkungan objek pengamatan.

Langkah-langkah

Langkah-langkah observasi :

  1. Praobservasi (menentukan target observasi, menentukan informan, mengembangkan instrumen observasi, wawancara dan studi dokumen)
  2. Pelaksanaan Observasi (menjalankan observasi sesuai rancangan)
  3. Pasca Observasi (melakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh)

Kelebihan observasi

  1. Dapat mencatat hal-hal pada waktu kejadian sedang berlangsung
  2. Memperoleh data subjek secara langsung

Kekurangan observasi

  1. Diperlukan waktu yang lama untuk mengetahui hasil dari suatu kejadian
  2. Pengamatan dalam waktu lama tidak dapat langsung dilakukan
  3. Adanya kegiatan-kegiatan yang sulit untuk diamati

Kegiatan selanjutnya diakhiri dengan

  1. Tes Formatif sebanyak 5 soal pilihan ganda,  5 soal isian singkat, dan 1 soal uraian.
  2. Refleksi kegiatan dengan beberapa pertanyaan terbuka tentang perencanaan pelaksanaan dan hasil observasi
  3. Tugas kelompok mengerjakan LK-Observasi mulai dari LK-Observasi 01 tentang konseptor, LK-Observasi 02 tentang observer dan LK-Observasi 02 tentang analis

Fasilitator : Ahmad, PhD, dan Pamujo, M. Pd (Kemdikbud Dirjen GTK)

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *