Berkenalan dengan Platform LMS Diklat Dosen/Instruktur PPG

ppg4Masa darurat Covid-19 bukan merupakan halangan bagi pelaksanaan program-program pendidikan. Walaupun siswa belajar di rumah tetapi guru tetap dapat melaksanakan tugasnya dengan menyesuaikan strategi pelaksanaan pembelajarannya. Demikian pula program pengembangan kompetensi guru yang diprogramkan pemerintah tetap dapat dijalankan dengan merubah pola pembelajaran melalui diklat secara daring. LMS atau Learning Management System  yang telah lama ada sebagai platform pembelajaran jarak jauh saat ini seolah mendapatkan tempatnya untuk dioptimalisasi dalam hal pengimplementasiannya.

Baca Juga

  1. Strategi Penyusunan Kisi-Kisi Instrumen
  2. Strategi Refleksi Pembelajaran
  3. Manfaat Feedback Pembelajaran dari Siswa
  4. Pengembangan Leadership Skill Guru Pemula
  5. Menjadi Guru Mempesona
  6. Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK
  7. Strategi Perencanaan Refleksi
  8. Peer Teaching
  9. Konsep Evaluasi Pembelajaran
  10. Mengembangkan Bahan Ajar
  11. Merancang Langkah Pembelajaran
  12. Mengembangkan Indikator dan Tujuan Pembelajaran
  13. Praktik Keprofessionalan Mengajar
  14. Praktik Keprofessionalan Non Mengajar
  15. Platform LMS Moodle & Big Blue Button

Program Diklat Dosen/Instruktur yang diprogramkan Kementerian Pendidikan Nasional saat ini dilaksanakan melalui platform LMS (Learning Management System) berbasis Moodle.  Platform LMS tersebut memungkinkan pengelola kegiatan dan peserta yang mengikuti program kegiatan tersebut dapat berinteraksi secara daring dengan terstruktur dan efektif. Jika kendala jaringan tidak ada, maka platform ini sangat mendekati pelaksanaan kegiatan nyata, karena walau tidak berbasis tatap muka, tetapi dengan ketersediaan beberapa fasilitas pendukung yang canggih hambatan jarak bukan lagi merupakan masalah yang berarti.

Berikut adalah sejumlah fasilitas yang disediakan pada platform E-Learning LMS yang akan membantu peserta dalam memperdalam materi diklat adalah sebagai berikut :

Eksplore Lebih Lanjut

  1. Unit 1 tentang Penyusunan Perangkat Pembelajaran
  2. Unit 2 tentang Pembimbingan PPL
  3. Unit 3 tentang Pembimbingan Penilaian Pembelajaran
  4. Unit 4 tentang Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan
  1. Kumpulan video tutorial yang berisi materi panduan bagi peserta maupun pengampu materi untuk dapat menggunakan fitur-fitur canggih dari LMS ini.
  2. Web Meeting, fasilitas ini disediakan untuk dapat berkomunikasi secara langsung antara fasilitator inti dan peserta (syncrhonous). Fitur canggih web meeting ini bernama BigBlueButton, yang bersifat open source.
  3. ppg3
  4. Laman Diklat PPG, yaitu akses yang diberikan kepada calon instruktur untuk mengakses sejumlah materi yang tersimpan pada LMS penyerta yang diperuntukkan bagi peserta PPG
  5. Presentasi yaitu fasilitas alternatif yang disediakan sistem sehingga peserta diklat dapat melakukan presentasi
  6. Kuesioner, yaitu fasilitas berinteraksi yang akan digunakan oleh fasilitator diklat dalam rangka jajak pendapat sesuai kebutuhan
  7. Folder, merupakan tempat penyimpanan daring yang disediakan untuk mempermudah proses pengunduhan dokumen bahan ajar diklat
  8. Forum diskusi, layaknya media sosial, platform ini juga menyediakan fasilitas diskusi bagi peserta dalam rangka penyelesaian tugas belajar baik antara peserta dengan fasilitator maupun antar peserta
  9. Chat, fitur berkomunikasi secara langsung baik secara privat maupun berbanyak juga disediakan untuk mempermudah proses belajar
  10. Blog, fasilitas ini bertujuan sebagai catatan harian peserta telah mengikuti kegiatan diklat dengan fitur unggah foto maupun video
  11. Upload Tugas/Tagihan, layaknya beberapa kebanyakan LMS situs ini juga menyediakan link untuk upload tugas/tagihan sebagai kewajiban peserta dalam memenuhi upaya memahami materi melalui pemberian tugas.
  12. Halaman bacaan, fasilitas ini diberikan kepada peserta untuk mempermudah memperoleh bahan ajar untuk dieksplorasi dalam rangka menambah wawasan peserta.

Selagi kita diberikan kesempatan, niat untuk belajar yang didukung upaya sungguh-sungguh menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dalam rangka mempercepat pemahaman terhadap materi diklat, penulis berkeyakinan, kegiatan ini akan dapat diselesaikan. Masalah hasil akhir yaitu lulus dan ditetapkan sebagai instruktur nasional itu adalah hal lain yang bersifat relatif. Akan tetapi melihat dari luas dan karakteristik materi ajar diklat ini, penulis sangat merasa bersukur, mendapatkan ilmu pengetahuan pengalaman belajar dan wawasan terkait bagaimana menjadi instruktur dan materi apa saja yang ada dalam program PPG tersebut. Hal lain yang juga penulis anggap sangat penting adalah bagaimana kelak setelah kegiatan diklat ini berakhir ada bekal yang dapat dijadikan modal untuk diterapkan dalam pengelolaan sekolah. Hal penting lainnya adalah sertifikat diklat bergengsi ini dapat penulis bawa pulang untuk melengkapi fortofolio pengalaman belajar yang dapat dijadikan kebanggaan untuk memacu guna bekerja lebih giat lagi demi kemajuan pendidika secara umum.

This entry was posted in Artikel, Pembelajaran, Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Berkenalan dengan Platform LMS Diklat Dosen/Instruktur PPG

  1. Pingback: Menjadi Guru Mempesona – SDN 7 SUBAGAN

  2. Pingback: Refleksi – SDN 7 SUBAGAN

  3. Pingback: Peer Teaching – SDN 7 SUBAGAN

  4. Pingback: Evaluasi Pembelajaran – SDN 7 SUBAGAN

  5. Pingback: Mengembangkan Bahan Ajar – SDN 7 SUBAGAN

  6. Pingback: Laporan Diklat Dosen/Instruktur PPG| Hari II ~ 12 Mei 2020 Kelas 22 – SDN 7 SUBAGAN

  7. Pingback: Pembimbingan Praktik Keprofesionalan Mengajar – SDN 7 SUBAGAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *