Merancang Pelaksanaan Observasi

Penyegaran Calon Dosen/Instruktur PPG | Unit 1 Penyusunan Perangkat Pembelajaran

Fasilitator : Ahmad, PhD, dan Pamujo, M. Pd (Kemdikbud Dirjen GTK)

Daftar Isi Uni 1

  1. KB1 Merancang Pelaksanaan Observasi
  2. KB2 Mengembangkan Tujuan dan Indikator Pembelajaran
  3. KB 3 Merancang Langkah Pembelajaran
  4. KB 4 Mengembangkan Bahan Ajar
  5. KB 5 Evaluasi Pembelajaran
  6. KB 6 Peer Teaching
  7. KB 7 Refeksi

KB 1. Merancang Pelaksanaan Observasi

Setelah kegiatan belajar peserta dapat :

  1. Menjelaskan tahapan dalam melaksanakan observasi
  2. Merancang dan menyusun instrumen obeservasi
  3. Melaksanakan observasi dengan mekanisme yang benar
  4. Mentrasnsfer pengetahuan dan keterampilan tentang obeservasi pada pembelajaran kepada mahasiswa

Kata observasi berasal dari bahasa Latin yang artinya melihat dan memperhatikan. Dengan demikian pengertian observasi adalah proses untuk melihat dan memperhatikan objek tertentu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Beberapa ahli memiliki  berbagai pandangan yang tidak sepenuhnya sama tetapi menarik untuk kita simak :

  1. Observasi adalah proses yang sangat kompleks yang terdiri dari berbagai macam proses baik proses biologis maupun proses psikologis yang lebih mementingkan proses-proses ingatan dan pengamatan (Hadi, 1972)
  2. Observasi adalah pengamatan secara langsung terhadap suatu objek yang terdapat di lingkungan baik yang sedang berlangsung saat itu atau masih berjalan yang meliputi berbagai aktivitas terhadap suatu kajian objek dengan menggunakan penginderaan. Tindakan yang dilakukan dengan sengaja atau sadar dan sesuai urutan (Arikunto, 1992)
  3. Observasi dalam arti sempit adalah suatu proses penelitian dengan mengamati situasi serta kondisi dari bahan pengamatan. Teknik observasi seperti ini sangat cocok digunakan untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran, sikap, perilaku dan lainnya (Sugiyono, 2008)

Baca Juga

  1. Strategi Penyusunan Kisi-Kisi Instrumen
  2. Strategi Refleksi Pembelajaran
  3. Manfaat Feedback Pembelajaran dari Siswa
  4. Pengembangan Leadership Skill Guru Pemula
  5. Menjadi Guru Mempesona
  6. Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK
  7. Strategi Perencanaan Refleksi
  8. Peer Teaching
  9. Konsep Evaluasi Pembelajaran
  10. Mengembangkan Bahan Ajar
  11. Merancang Langkah Pembelajaran
  12. Mengembangkan Indikator dan Tujuan Pembelajaran
  13. Praktik Keprofessionalan Mengajar
  14. Praktik Keprofessionalan Non Mengajar
  15. Platform LMS Moodle & Big Blue Button

Raymond Gold mengenalkan empat jenis pengamatan yang dapat diterapkan pada semua jenis penelitian maupun kepentingan tertentu. Keempat jenis tersebut akan diuraikan sebagai berikut :

  1. Complete Observer, pengamat sengaja mengamati tanpa sepengetahuan pihak yang diamati
  2. Observer As Partisipant, pengamat berinteraksi dengan orang yang diamati yang telah tahu item-item yang akan diamati
  3. Participant As Observer, Partisipan berperan sebagai kolega
  4. Complete Partisipant, Pengamat dan kegiatan pengamatan tidak diketahui meskipun pengamat selalu berada di tengah lingkungan objek pengamatan.

Eksplore Lebih Lanjut

  1. Unit 1 tentang Penyusunan Perangkat Pembelajaran
  2. Unit 2 tentang Pembimbingan PPL
  3. Unit 3 tentang Pembimbingan Penilaian Pembelajaran
  4. Unit 4 tentang Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan

Langkah-langkah observasi :

  1. Praobservasi (menentukan target observasi, menentukan informan, mengembangkan instrumen observasi, wawancara dan studi dokumen)
  2. Pelaksanaan Observasi (menjalankan observasi sesuai rancangan)
  3. Pasca Observasi (melakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh)

Kelebihan observasi

  1. Dapat mencatat hal-hal pada waktu kejadian sedang berlangsung
  2. Memperoleh data subjek secara langsung

Kekurangan observasi

  1. Diperlukan waktu yang lama untuk mengetahui hasil dari suatu kejadian
  2. Pengamatan dalam waktu lama tidak dapat langsung dilakukan
  3. Adanya kegiatan-kegiatan yang sulit untuk diamati

Kegiatan selanjutnya diakhiri dengan

  1. Tes Formatif sebanyak 5 soal pilihan ganda,  5 soal isian singkat, dan 1 soal uraian.
  2. Refleksi kegiatan dengan beberapa pertanyaan terbuka tentang perencanaan pelaksanaan dan hasil observasi
  3. Tugas kelompok mengerjakan LK-Observasi mulai dari LK-Observasi 01 tentang konseptor, LK-Observasi 02 tentang observer dan LK-Observasi 02 tentang analis

 

 

.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

This entry was posted in Artikel, Pembelajaran, Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *